Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gardu Pandang Kaliurang Sleman: Harga Tiket, Jam Buka, dan Daya Tarik 

Kompas.com - 21/11/2023, 10:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Gardu Pandang Kaliurang atau dikenal sebagai Gardu Pandang Merapi, merupakan salah satu spot populer untuk menikmati panorama Gunung Merapi. Lokasinya berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Kawasan Kaliurang merupakan salah satu kawasan wisata di Yogyakarta. Berada di kaki Gunung Merapi, kawasan Kaliurang menyajikan beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga:

Jika berkunjung ke Kaliurang, Sleman maka Gardu Pandang bisa menjadi alternatif destinasi wisata. Dari pusat Kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 25 kilometer (km) atau satu jam berkendara.

Lantas, apa daya tarik Gardu Pandang Kaliurang? Simak ulasannya berikut ini.

Daya tarik Gardu Pandang Kaliurang 

Taman di Gardu Pandang Kaliurang, Sleman, YogyakartaShutterstock/Sunhaji Taman di Gardu Pandang Kaliurang, Sleman, Yogyakarta

Gardu Pandang Kaliurang berada di kaki Gunung Merapi, tepatnya di ketinggian 900 mdpl, berdasarkan informasi dari situs Visiting Jogja. Oleh sebab itu, kawasan wisata ini memiliki udara sejuk khas dataran tinggi.

Wisatawan akan menjumpai tiga gardu pandang yang berada di lokasi paling strategis untuk menyaksikan panorama Gunung Merapi. Dari puncak tiga gardu tersebut, pengunjung bisa menyaksikan kegagahan Gunung Merapi tanpa penghalangan apapun.

Selain panorama Gunung Merapi, wisatawan juga bisa menyaksikan pemandangan Bukit Turgo dari menara pengamatan berlantai dua tersebut, seperti dilansir dari Tribun Jogja.

Selain panorama yang indah, Gardu Pandang Kaliurang juga dilengkapi dengan area bermain untuk anak-anak. Ada sejumlah wahana permainan untuk anak-anak, seperti bianglala, jungkat-jungkit, perosotan, dan sebagainya yang dapat diakses secara gratis oleh pengunjung.

Baca juga:

Selama menikmati panorama Gunung Merapi, wisatawan akan ditemani dengan udara sejuk khas dataran tinggi, lantaran kawasan wisata ini dikelilingi pepohonan hijau. Pada waktu tertentu, dapat dijumpai kawanan monyet di kawasan wisata ini.

Gardu Pandang Kaliurang juga dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, mushola, area parkir, gazebo, dan warung kuliner. Wisatawan juga bisa menginap di penginapan yang tersedia di sekitar Gardu Pandang Merapi.

 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com