Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Sleman untuk Keluarga yang Wajib Dikunjungi 

Kompas.com - 21/11/2023, 22:49 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Jika berlibur ke Yogyakarta, sempatkan diri untuk mampir ke Sleman. Kabupaten ini, menawarkan sejumlah atraksi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Jika datang bersama keluarga, ada sejumlah tempat wisata Sleman untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Obyek wisata tersebut dapat dinikmati dari anak-anak hingga dewasa.

Baca juga:

Wisata Sleman untuk keluarga

Kompas.com merangkum wisata Sleman untuk keluarga sebagai berikut.

1. The Lost World Castle

The Lost World Castle YogyakartaDok. Instagram @thelostworldcastle The Lost World Castle Yogyakarta

Obyek wisata yang satu ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan. The Lost World Castle mengusung konsep bangunan kastel negeri dongeng.

Kastel megah tersebut dipadukan dengan latar belakang panorama Gunung Merapi. The Lost World Castle juga menyediakan berbagai spot foto ala luar negeri seperti Tembok China, kapal bajak laut, rumah pohon, dan sebagainya.

Harga tiket The Lost World Castle adalah Rp 30.000 per orang. Jika ingin berkunjung, lokasinya berada di  Jalan Petung Merapi, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

2. Stonehenge

Stonehenge di Lereng Gunung Merapi.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Stonehenge di Lereng Gunung Merapi.

Sekitar 600 meter dari The Lost World Castle, kamu dan keluarga bisa menjumpai obyek wisata Stonehenge Merapi. Sesuai namanya, obyek wisata ini merupakan replika dari batuan Stonehenge di Inggris.

Pengunjung bisa berfoto di antara replika bebatuan dari zaman perunggu dan Neolitikum tersebut. Stonehenge Merapi merupakan salah satu destinasi hits sekaligus ramah keluarga.

3. Merapi Park

Wisata Sleman untuk keluarga selanjutnya adalah Merapi Park. Obyek wisata ini berupa  taman rekreasi yang menghadirkan miniatur landmark terkenal di dunia.

Mengutip dari situs resminya, salah satu wahana unggulan Merapi Park adalah The World Landmark, yakni taman bunga dengan replika landmark dari berbagai negara seperti Big Ben (London), Menara Eiffel (Paris), Temple of Heaven (China), dan lainnya. 

Adapula wahana Kids Waterpark, Cowboy Town, Dino Park, dan sebagainya. Lokasinya berada di Jalan Kaliurang KM. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman.

4. Suraloka Interactive Zoo 

Wisatawan berkunjung ke Suraloka Interactive Zoo, YogyakartaShutterstock/Octopus16 Wisatawan berkunjung ke Suraloka Interactive Zoo, Yogyakarta

Jika ingin mengajak keluarga mengenal beragam satwa, maka Suraloka Interactive Zoo bisa menjadi alternatif. Kebun binatang ini berada di Jalan Boyong Nomor 97, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Melansir dari laman resminya, kebun binatang ini berdiri pada 2021 lalu. Ada sekitar 400 satwa di Suraloka Interactive Zoo, mulai dari mamalia, burung, ikan, reptil dan amfibi.

Selain koleksi satwa, kebun binatang ini memiliki Suraloka Orchid House untuk pengembangbiakkan anggrek. Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan beragam wahana permainan dan edukasi sehingga cocok untuk libur sekolah bersama anak-anak.

Harga tiket masuk Suraloka Interactive Zoo adalah Rp 30.000 per orang, namun belum termasuk sejumlah wahana berbayar. Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Baca juga:

5. Obelix Village 

Suasana petang di Obelix Village, Sleman, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Suasana petang di Obelix Village, Sleman, Yogyakarta.

Obelix Village adalah wisata keluarga bertema pedesaan. Destinasi wisata ini baru buka pada 15 Oktober 2022 lalu.

Mengutip Kompas.com (27/1/2023), Obelix Village dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restoran, kolam ikan, mini zoo, flower garden, fasilitas berkuda, dan river deck atau spot foto di tepi sungai, dan sebagainya.

Tiket masuk Obelix Village adalah Rp 20.000 per orang, namun belum termasuk wahana berbayar di dalamnya. Lokasi Obelix Village berada di Krandon, Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com