Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Penuh, 2 Maskapai di Bandara Hang Nadim Ajukan Penerbangan Ekstra

Kompas.com - 30/11/2023, 14:06 WIB
Hadi Maulana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – PT Bandara Internasional Batam (BIB) selaku pengelola Bandara Internasional Hang Nadim di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), menyampaikan, saat ini jadwal penerbangan normal jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) sudah full (penuh).

“Saat ini beberapa jadwal penerbangan pesawat di Hang Nadim memang sudah penuh, dan kemarin sudah ada beberapa pesawat yang mulai mengajukan penerbangan ekstra,” kata Dirut PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah saat ditemui di Bandara Internasional Hang Nadim, Kamis (30/11/2023).

Baca juga: Jadwal dan Tarif Terbaru DAMRI di Bandara Internasional Hang Nadim Batam

Pikri melanjutkan, beberapa maskapai penerbangan yang telah mengajukan penerbangan ekstra, di antaranya Super Air jet dan Lion Air.

“Bisa dikatakan Lion Air Group-lah yang sudah mulai mengajukan penerbangan ekstra,” ucap Pikri.

Baca juga:

Penerbangan ekstra untuk rute Batam-Jakarta dan Batam-Medan

Untuk penerbangan ekstra ini, tambahnya, rata-rata untuk rute penerbangan Batam-Jakarta dan Jakarta-Batam, serta Batam-Medan dan Medan-Batam.

“Masih empat rute penerbangan itu saja, untuk rute penerbangan lainnya belum ada. Namun, kalau berkaca dari tahun sebelumnya, rute yang akan mengalami kepadatan yakni rute Batam-Padang, Batam-Pekanbaru, dan Batam-Surabaya,” jelas Pikri.

Saat ini taksi online sudah boleh menjemput Penumpang di depan pintu keluar Cargo Baru Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepri.KOMPAS.COM/HADI MAULANA Saat ini taksi online sudah boleh menjemput Penumpang di depan pintu keluar Cargo Baru Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepri.

Akan tetapi, menurut Pikri, dari seluruh rute penerbangan yang ada di bandara tersebut, penerbangan rute Batam-Jakarta yang paling ramai.

Pikri juga mengimbau para calon pelaku perjalanan di Bandara Internasional Hang Nadim untuk tidak membeli tiket pesawat dari calo.

“Jauh-jauh hari terus kami sampaikan agar calon penumpang (Bandara) Hang Nadim dapat membeli tiket di konter resmi yang ada di Hang Nadim atau via online (daring) melalui masing-masing maskapai. Begitu juga untuk proses check-in, sebisa mungkin dilakukan dengan online,” pesannya.

Dengan demikian, setibanya di bandara, calon pelaku perjalanan hanya tinggal memasukkan barang bawaannya ke bagasi, jika memang memiliki bagasi. 

Calon pelaku perjalanan yang tidak memiliki bagasi bisa naik ke ruang tunggu dengan menunjukkan bukti check-in online dan kartu identitas.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com