Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seharian Keliling Jakarta Naik Transportasi Umum, Mampirlah ke 4 Tempat Ini

Kompas.com - 04/12/2023, 14:28 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak destinasi di Jakarta yang bisa disinggahi dengan naik transportasi umum.

Jangan lupa menyusun itinerary alias rencana perjalanan agar wisata lebih efisien dan memudahkanmu saat berpindah lokasi.

Baca juga:

Bagi wisatawan yang baru pertama kali datang ke Jakarta dan bingung hendak ke mana, Kompas.com menyusun itinerary seharian keliling Jakarta menggunakan transportasi umum.

Sebagai catatan, kamu bisa memodifikasi destinasi sesuai kebutuhan, ya!

Itinerary seharian keliling Jakarta

Naik ke Tugu Monas

Monumen Nasional (Monas).Dok. Shutterstock/Wongimam Monumen Nasional (Monas).

Perjalanan pagi di Jakarta bisa dimulai dengan mengunjungi kawasan Monumen Nasional (Monas). Wisatawan bisa berangkat sekitar pukul 06.00 WIB ke Monas naik Transjakarta atau bus wisata Transjakarta lalu berhenti di Halte Monas.

Suasana Monas pagi hari cocok untuk olahraga pagi atau sekadar jalan santai. Sekitar pukul 08.00 WIB, wisatawan bisa melipir ke area penjual makanan untuk sarapan.

Area penjual makanan di Monas bisa ditemui dekat pintu masuk dekat Halte Balai Kota.

Baca juga: Cara ke Monas Naik KRL dari Bekasi, Turun di Mana?

Setelah itu sekitar pukul 09.00 WIB, cobalah naik ke puncak Monas melihat pemandangan Kota Jakarta. 

Adapun tarif tiket masuk pelataran puncak Monas dibanderol mulai dari Rp 4.000 untuk anak-anak, mulai dari Rp 8.000 untuk mahasiswa, dan mulai dari Rp 15.000 untuk dewasa.

Singgah di Sarinah

Sejumlah penonton menyaksikan penampilan grup musik Suara Cenderawasih saat tampil pada pagelaran musik di pelataran Mal Sarinah, Jakarta, Minggu (19/6/2022). Mal Sarinah menjadi salah satu destinasi liburan bagi warga Jakarta dan sekitarnya pada hari libur. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/nym.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH/NYM Sejumlah penonton menyaksikan penampilan grup musik Suara Cenderawasih saat tampil pada pagelaran musik di pelataran Mal Sarinah, Jakarta, Minggu (19/6/2022). Mal Sarinah menjadi salah satu destinasi liburan bagi warga Jakarta dan sekitarnya pada hari libur. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/nym.

Setelah puas berkeliling Monas, kamu bisa bergeser ke Sarinah yang jaraknya hanya sekitar 3 kilometer. Untuk mencapainya bisa menaiki Transjakarta rute 1 (Blok M-Kota) dan turun di Halte MH Thamrin.

Seusai direvitalisasi pada 2020 lalu, mal tertua di Jakarta ini memiliki wajah baru yang kekinian dan menyediakan ruang terbuka cukup luas untuk masyarakat berakvitas.

Gedung ini juga kerap dimanfaatkan untuk menggelar sejumlah aktivitas, termasuk pertunjukan musik gratis. Maka jangan lupa mengecek media sosial sebelum berkunjung untuk mencari tahu agenda terdekat.

Baca juga: 8 Wisata Dekat Tugu Tani Jakarta, Ada Monas dan Sarinah

Jika belum sempat menyantap makan siang di Monas, kamu juga bisa berburu kuliner di beberapa spot yang tersedia, baik di dalam maupun luar gedung.

Salah satunya adalah Pasar Nusantara Sarinah yang berada di lantai bawah dan menyediakan banyak pilihan jajanan, makanan dan minuman.

@kompastravel Unik banget ya! Kalau kamu mau coba, ini buka dari jam 09.00-21.00. Untuk sampai saat ini, belum dikenakan biaya ya, masih gratis! Yuk ajak teman-teman kamu foto di sini.. Video/ foto: Wasti Samaria Simangunsong #explorejakarta #jakartaplacetogo #jakartahits ? universe (sped up) - thuy

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com