Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Fasilitas Whoosh untuk Penyandang Disabilitas, Gate hingga Kursi

Kompas.com - 04/12/2023, 12:54 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan Kereta Cepat Whoosh adalah moda transportasi yang ramah untuk semua kalangan, tidak terkecuali penyandang disabilitas, baik fisik, sensorik, mental, maupun intelektual.

Salah satu momen untuk memperkenalkannya adalah lewat kolaborasi bersama Pemerintah Jawa Barat memfasilitasi 100 penyandang disabilitas yang merupakan anggota dari Motor Disable Federation (Modif) untuk menjajal Whoosh bertepatan dengan peringatan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada Minggu (3/12/2023).

"Kereta Cepat Whoosh hadir dengan berbagai fasilitas yang ramah disabilitas sehingga menunjang para penyandang disabilitas untuk melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Bandung ataupun sebaliknya," ujar General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (4/12/2023).

Baca juga:

Ia menyebutkan, beberapa fasilitas ramah disabilitas tersebut dihadirkan baik di area stasiun maupun di dalam kereta.

Misalnya, fasilitas lift yang bisa digunakan penumpang dengan disabilitas fisik untuk naik dan turun dari ruang tunggu hingga ke peron tanpa perlu menggunakan tangga. 

Ada pula gate khusus yang dapat mengakomodasi lebar kursi roda saat akan melakukan boarding.

Bagi penumpang tuna netra, tersedia pula guiding block pada lantai dan tombol braile pada lift untuk memandu penumpang menuju berbagai lokasi di area stasiun. 

Sementara fasilitas toilet juga disediakan yang ramah bagi penumpang dengan kebutuhan khusus saat berada di stasiun maupun di dalam kereta. Toilet tersebut menyediakan cukup ruang bagi penumpang dengan kursi roda untuk memutar arah di dalam ruangan.

Selain itu, lanjut Eva, pengumuman terkait jadwal keberangkatan yang dilengkapi dengan nomor gate check in, nomor peron, serta stasiun awal dan akhir juga terus disampaikan sebagai salah satu penanda yang dapat dimanfaatkan bagi para penyandang disabilitas. 

Baca juga:

Selama dalam perjalanan, terdapat 30 kursi yang dapat digunakan untuk penumpang disabilitas. Kursi-kursi tersebut ditempatkan di ujung-ujung kereta untuk mempermudah pergerakan penumpang disabilitas. 

Khusus untuk kursi bagi penumpang disabilitas di kereta 4 memiliki kelebihan, yaitu adanya area penyimpanan kursi roda, dekat dengan tombol darurat, serta berada di depan toilet khusus disabilitas. 

Memastikan fasilitas berfungsi dengan baik

Selain memastikan ketersediaan, Eva memastikan seluruh fasilitas yang ada berfungsi dengan baik.

Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional pada 3 Desember, 
KCIC berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat memfasilitasi para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Motor Disable Federation (Modif) Indonesia untuk mencoba kereta cepat Whoosh, Minggu (3/12/2023). DOK KCIC Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional pada 3 Desember, KCIC berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat memfasilitasi para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Motor Disable Federation (Modif) Indonesia untuk mencoba kereta cepat Whoosh, Minggu (3/12/2023).

Jika sewaktu-waktu ditemukan kondisi fasilitas yang tidak dapat digunakan karena sejumlah faktor, misalnya rusak atau digunakan oleh penumpang umum, maka penumpang disabilitas akan dibantu oleh petugas untuk mendapatkan layanan.

Ia memastikan para petugas sudah dilatih agar sigap memberikan pelayanan dan penanganan kepada para penumpang yang memiliki kebutuhan khusus.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Tambah Promo Gratis Masuk Tempat Wisata

"Ketersediaan petugas kami cukup banyak dengan penempatan-penempatan di area-area strategis, mulai dari hall kedatangan, eskalator, hall tunggu lantai dua, area gate, area lift, dan eskalator menuju peron, semua terdapat penempatan petugas."

"Sehingga kami pastikan penumpang berkebutuhan khusus pasti akan terpantau oleh petugas," ucap Eva, seperti dikonfirmasi terpisah oleh Kompas.com.

@kompastravel Ada perbedaan antara jumlah seats alias kursi di tiap kelas. Kalau di premium economy jumlah kursinya 555, dengan posisi 3-2. Kalau di business class ada 28 kursi dengan posisi 2-2. Nah, kalau di first class ada 18 kursi dengan posisi 2-1 Yuk cerita di kolom komentar, kamu pengen nyobain naik Whoosh juga nggak sih? #keretacepat #keretacepatjakartabandung #kcic #whoosh ? Mood - Instrumental - DC Beatz
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com