Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Museum di Jakarta yang Instagramable buat Liburan Akhir Tahun 

Kompas.com - 03/12/2023, 15:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Berlibur ke museum di Jakarta tidak selalu membosankan. Buktinya kamu bisa mengunjungi museum di Jakarta yang Instagramable. 

Berwisata ke museum kekinian di Jakarta bisa menjadi pilihan kegiatan saat liburan akhir tahun mendatang. Selain melihat beragam koleksi, pengunjung bisa berfoto di berbagai spot estetik.

Baca juga:

Berikut rekomendasi museum di Jakarta yang Instagramable buat liburan akhir tahun. 

1. Museum MACAN 

Rega Ayundya Putri (l. Indonesia, 1988) Mirageology  (2022), karya dalam pameran Voice Against Reason di Museum MACAN, Jakarta Barat, pada 18 November-14 April 2024. dok. Museum MACAN Rega Ayundya Putri (l. Indonesia, 1988) Mirageology (2022), karya dalam pameran Voice Against Reason di Museum MACAN, Jakarta Barat, pada 18 November-14 April 2024.

Nama Museum MACAN atau The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara, sudah terkenal di kalangan wisatawan. Museum MACAN menampilkan beragam koleksi karya seni modern dan kontemporer. 

Karya seni di Museum MACAN, merupakan karya dari perupa lokal dan mancanegara. Selain koleksi tetap, ada pula karya instalasi tematik yang ditampilkan dalam periode tertentu. 

Lokasi Museum MACAN berada di AKR Tower, Jalan Perjuangan Nomor 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Harga tiket Museum MACAN dibanderol Rp 80.000 untuk anak-anak dan  Rp 100.000 untuk dewasa. 

2. Art:1 New Museum

Art:1 New Museum di Jakarta Pusat. Shutterstock/ Mustafa Ammar Art:1 New Museum di Jakarta Pusat.

Jika ingin mengisi liburan akhir tahun dengan menikmati karya seni, kamu bisa mengunjungi Art:1 New Museum dan Art Space. Awalnya museum ini merupakan sebuah galeri seni yang bernama Galeri Seni Mon Decor yang telah berdiri sejak 1983, seperti dilansir dari Tribun News Wiki. 

Namun, karena membutuhkan ruang lebih besar, maka pada 2011 dibukalah Art: 1 sebagai wadah memamerkan karya para seniman. Pengunjung bisa menjumpai beragam koleksi seperti lukisan, instalasi, video, hingga karya fotografi.

Art:1 New Museum dan Art Space terdiri dari tiga lantai yang berisi beragam karya seni. Lokasinya berada di Jalan Rajawali Selatan Raya Nomor 3, Gunung Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. 

3. Galeria Sophilia

Salah satu spot foto estetik dengan latar penuh lukisan di Galeria Sophilia, Jakarta Utara. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Salah satu spot foto estetik dengan latar penuh lukisan di Galeria Sophilia, Jakarta Utara.

Museum di Jakarta yang Instagramable selanjutnya adalah Galeria Sophilia. Pengunjung bisa menjumpai beragam koleksi dari patung, lukisan, dan benda seni kuno internasional. 

Mengutip Kompas.com (14/5/2023), galeri seni ini berlokasi di lantai 6 dan lantai 7 Calvin Tower, di kompleks Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII), Pademangan Timur, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pada lantai 6, pengunjung bisa menemukan replika patung dan lukisan klasik karya seniman terkenal dari Eropa yang terbagi menjadi beberapa era. Mulai dari karya Leonardo Da Vinci, Pablo Picasso, Vincent van Gogh, Goya, Raphael, hingga Claude Monet dapat ditemukan di sini

Sementara, lantai 7 berisi koleksi barang-barang kuno dan antik asal China, seperti lukisan, guci, keramik, porselen, tembikar, vas, piring, lonceng, hingga patung berusia sampai 500 tahun lalu.

Jam buka Galeria Sophilia hanya setiap hari Minggu, pukul 12.00 hingga 15.00 WIB. Tiket masuk dibanderol Rp 0 hingga Rp 100.000 per orang tergantung usia, dan bisa dibeli langsung di tempat.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com