Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Waduk Sunter Selatan di Jakarta Utara Naik Transjakarta

Kompas.com - 01/12/2023, 11:23 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesekali, cobalah melipir ke arah utara Jakarta dan menjelajahi ruang terbuka publik yang ramai dikunjungi warga setempat. Salah satunya Waduk Sunter Selatan.

Waduk yang membentang luas di sepanjang Jalan Danau Sunter Selatan ini kerap dikunjungi oleh masyarakat, apalagi jelang matahari terbenam. Mereka umumnya menikmati waktu sembari duduk santai di tepi waduk, berolaharga, ataupun memancing ikan.

Baca juga: Sore di Waduk Sunter Selatan, Lihat Sunset Sambil Memancing

Lokasi persisnya di Jalan Danau Sunter Selatan, Nomor 14, Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Area ini terbuka gratis untuk umum selama 24 jam, asalkan pengunjung tetap menjaga ketertiban dan keamanan selama di lokasi.

Jika tertarik datang ke Waduk Sunter Selatan, kamu bisa menumpangi Transjakarta dahulu, lalu melanjutkan perjalanan ke lokasi dengan transportasi online (daring).

Baca juga:

Cara ke Waduk Sunter Selatan naik Transjakarta

Ilustrasi jembatan di Halte Sunter Boulevard Barat, salah satu halte terdekat Mall of Indonesia di Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Senin (28/8/2023).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Ilustrasi jembatan di Halte Sunter Boulevard Barat, salah satu halte terdekat Mall of Indonesia di Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Senin (28/8/2023).

Halte bus Transjakarta terdekat dari Waduk Sunter Selatan yaitu Halte Sunter Boulevard Barat. Jarak kedua lokasi ini sekitar 2,2 kilometer (km) dan dapat ditempuh sekitar 10 menit naik ojek online.

Adapun bus Tranjakarta yang beroperasi melayani penumpang di halte ini yaitu Transjakarta koridor 12 (Pluit-Tanjung Priok) dan koridor 12 (Sunter Boulevard Barat-Penjaringan).

Berangkat dari Pluit, bus Transjakarta koridor 12 (Pluit-Tanjung Priok) ini akan melayani penumpang di sejumlah halte yaitu Landmark Pluit Auto Plaza, Pakin, Gedong Panjang, Museum Fatahillah, Kota, Pangeran Jayakarta, Mangga Dua, Gunung Sahari Mangga Dua, Jembatan Merah, Kemayoran Landas Pacu, Danau Agung, SMP 140, Sunter Karya, lalu tiba di Sunter Boulevard Barat.

Dengan demikian, Jika kamu mengawali perjalanan dengan naik bus koridor 1 (Blok M-Kota) kamu bisa transit di Halte Museum Fatahillah atau Halte Kota agar bisa naik bus koridor 12.

Baca juga: 7 Tempat Liburan di Jakarta Utara, Bisa Piknik Gratis

Sebaliknya, bila berangkat dari Tanjung Priok, adapun halte yang dilalui yakni Enggano, Permai Koja, Walikota Jakarta Utara, Plumpang Pertamina, Sunter Kelapa Gading, dan tiba di Sunter Boulevard Barat.

Sementara itu, untuk koridor 12 (Sunter Boulevard Barat-Penjaringan) berangkat dari Halte Sunter Boulevard Barat, nantinya akan melayani penumpang di halte Sunter Kelapa Gading, Sunter Karya, SMP 140, Danau Agung, Kemayoran Landas Pacu Timur, Jembatan Merah, Gunung Sahari Mangga Dua, Mangga Dua, Pangeran Jayakarta, Kali Besar Barat, Bandengan Selatan, dan tiba di Penjaringan.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com