Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Kereta Wisata Ambarawa Saat Nataru, Bisa Mampir Stasiun Tuntang ala "Gadis Kretek"

Kompas.com - 07/12/2023, 21:05 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Nama Stasiun Tuntang mencuri perhatian dalam beberapa waktu terakhir. Stasiun yang berlokasi di Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang ini, menjadi salah satu lokasi syuting serial Gadis Kretek yang viral. 

Adegan yang mengambil latar belakang Stasiun Tuntang yakni pertemuan antara Dasiyah atau Jeng Yah (diperankan Dian Sastrowardoyo) dan Soeraja (Ario Bayu) di stasiun, setelah sempat berpisah. 

Baca juga:

Kabar baiknya, wisatawan bisa mengunjungi Stasiun Tuntang dengan menaiki kereta wisata Ambarawa. Berikut jadwal kereta wisata Ambarawa Desember 2023 dan harga tiketnya, termasuk saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. 

Sekilas tentang Stasiun Tuntang 

Peron Stasiun Tuntang, di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Salah satu lokasi syuting serial Gadis KretekDok. KAI Heritage Peron Stasiun Tuntang, di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Salah satu lokasi syuting serial Gadis Kretek

Stasiun Tuntang merupakan stasiun bersejarah yang sudah berusia 152 tahun. Stasiun ini dibangun pada 1871 dan resmi beroperasi pada 21 Mei 1873, bersamaan dengan dibukanya jalur kereta api Kedungjati – Ambarawa, dikutip dari situs KAI Heritage. 

Meskipun berusia ratusan tahun, stasiun kelas III ini, masih berdiri kokoh. Daya tarik Stasiun Tuntang adalah bangunan bergaya klasik era abad ke-20. 

Pada 1 Juni 1970, Stasiun Tuntang sempat ditutup sementara dan beralih fungsi menjadi museum, bersamaan dengan penutupan jalur Yogyakararta-Kedungjati. Namun, pada 2002 jalur Ambarawa-Tuntang kembali dibuka. 

Pada 2009, Stasiun Tuntang kembali melayani penumpang kereta uap wisata atau kereta diesel vintage

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com