Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik ke Manggarai Timur di NTT?

Kompas.com - 12/12/2023, 22:03 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika hendak liburan ke Nusa Tenggara Timur (NTT), tak ada salahnya melipir ke salah satu kabupaten di provinsi tersebut yaitu Kabupaten Manggarai Timur. Kabupaten ini menyuguhkan wisata alam, salah satunya pantai.

Menurut Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, Kabupaten Manggarai Timur cocok dikunjungi pada bulan Mei.

Baca juga:

“Bulan terbaik itu bulan Mei, lalu Juni dan Juni juga. Kalau bisa jangan Januari sampai Maret karena hujan lebat,” ujar Agas saat ditemui di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Ia melanjutkan, terdapat tempat wisata untuk melihat bunga teratai yang akan mekar saat bulan Mei.

“Bunga teratai ini ada di salah satu danau di (Kelurahan) Pota. Indah sekali. Bisa dilihat saat bulan Mei, sekalian lihat komodo," imbuhnya.

Lihat bunga teratai dan komodo

Komodo Potahttps://www.manggaraitimurkab.go.id/ Komodo Pota

Dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (3/22/2023), wisatawan bisa melihat keunikan bunga teratai yang diklaim terbesar kedua di dunia di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

Bunga teratai tersebut biasanya mulai mekar saat akhir Maret, lalu berbunga dengan baik antara April sampai Juli.

Bunga tersebut bisa dilihat di Danau Teratai atau Lotus di Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Manggarai Timur. Aksesnya disebut cukup mudah dijangkau dari ibu kota Manggarai Timur.

Tak hanya danau, wisatawan bisa sekaligus melihat komodo pota di daerah yang sama yang biasa disebut sebagai 'Rugu' oleh warga setempat.

Agas menjelaskan, komodo Pota yang ada di Manggarai Timur hampir sama dengan yang ada Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

“Dalam penelitian itu komodonya sama dengan yang di Labuan Bajo. Beda ukuran saja,” ucapnya.

Baca juga:

Akses jalan sudah baik

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, kawasan pantai utara (pantura) kabupaten tersebut telah memiliki akses jalan yang cukup baik. Wisatawan PUN bisa dengan mudah menjangkau beberapa destinasi yang ada di dalamnya.

“Kalau utara udah bagus, bisa langsung dari Labuan Bajo sekitar empat-lima jam (perjalanan). Daerah selatan itu curam, utara itu landai,” pungkasnya.

Baca juga: Wisata Manggarai Timur, Desa Watu Lanur yang Punya Air Terjun dan Kekayaan Budaya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com