Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solo Diprediksi Kedatangan 14 Juta Kendaraan Turis pada Akhir Tahun

Kompas.com - 18/12/2023, 12:49 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Solo diprediksi bakal kedatangan 14 juta kendaraan para turis pada periode libur Natal dan tahun baru 2024 atau libur akhir tahun.

Adapun titik-titik destinasi para turis utamanya adalah obyek wisata dan pusat perbelanjaan.

Beberapa kawasan rawan padat kendaraan di dalam Kota Solo antara lain Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo Safari, Lokananta, Pura Mangkunegaran, Keraton Kasunanan, kawasan Pasar Gede, kawasan Pasar Klewer, Koridor Gatsu-Ngarsopuro, dan sejumlah pusat belanja modern, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya, Ada Tempat Baru yang Hits

Salah satu alasan kepadatan adalah karena minimnya ruang parkir, sementara pengunjung diprediksi meningkat.

"Seperti Masjid Zayed yang parkirnya minim untuk bus besar, sehingga nanti kami maksimalkan di Terminal Tirtonadi. Selain itu, di Solo Safari akan dioptimalkan di lahan parkir Solo Summer Land. Kami juga akan melengkapi dengan armada transportasi publik yang melintas di lokasi parkir agar bisa mengantar penumpang ke objek wisata yang dituju," ujar  Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Taufiq Muhammad di Solo, Jawa Tengah, seperti dikutip dari Antara, Senin (18/12/2023).

Adapun angka 14 juta kendaraan tersebut diperoleh berdasarkan kajian kepadatan lalu lintas pada periode libur akhir tahun.

Sejumlah hal akan diterapkan sebagai bagian dari antisipasi kemacetan dalam kota.

Baca juga: 9 Wisata di Solo Gratis, Ada Taman hingga Benteng Peninggalan Belanda

Selain memaksimalkan lahan parkir bagi beberapa destinasi wisata populer, upaya lainnya adalah mengurangi kepadatan Viaduk Gilingan dengan mengoptimalkan pembukaan Palang Joglo yang saat ini sedang dalam pengerjaan rel layang.

Selain itu, dibukanya Tol Solo-Klaten diharapkan juga diharapkan dapat mengurangi jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Solo untuk sekadar melintas.

@kompastravel Kabupaten Klaten memang kaya akan umbul (Pemandian Alami) yang bersumber dari mata air. Salah satunya adalah Umbul Kapilaler, di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Air di umbul ini sangat jernih dan segar. Kamu bisa berenang bersama ikan-ikan di sini. Yuk, kapan kamu mau renang di sini..? #exploreKlaten #UmbulKapilaler #Klaten #WisataKlaten ? original sound - Travel Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com