Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Wisata Anak di Batu yang Edukatif buat Libur Tahun Baru 

Kompas.com - 24/12/2023, 18:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kota Batu merupakan salah satu destinasi wisata populer di Jawa Timur. Jika berlibur ke Batu bersama anak-anak, ada sejumlah tempat wisata edukatif yang dapat dikunjungi. 

Selain edukatif, tempat wisata anak di Batu tersebut juga menawarkan panorama alam serta spot foto Instagramable

Baca juga:

Tempat wisata anak di Batu 

Berikut rekomendasi tempat wisata anak di Batu seperti dirangkum Kompas.com

1. Jatim Park 

Ilustrasi Jatim Park 1. Harga tiket Jatim Park 1, 2, dan 3 selama libur Natal 2023 dan tahun baru 2024.CahWib/Shutterstock Ilustrasi Jatim Park 1. Harga tiket Jatim Park 1, 2, dan 3 selama libur Natal 2023 dan tahun baru 2024.

Berkunjung ke Batu tidak lengkap tanpa bermain di Jatim Park, baik Jatim Park 1, 2, maupun 3. Tempat rekreasi ini merupakan salah satu ikon wisata Kota Batu. 

Jatim Park 1 adalah taman bermain yang dilengkapi dengan sarana pembelajaran Science Center. Jadi, sembari rekreasi anak-anak bisa menimba ilmu baru di Jatim Park 1. 

Aneka wahana permainan, hiburan, dan edukasi, di Jatim Park 1 antara lain Himalaya Coaster, Sky Swinger, Funtastic Swimming Pool, Dragon Coaster, Gold Mining Coaster, Flying Tornado, Sky Ride, Waterboom, dan sebagainya.

2. Museum Angkut

Museum Angkut Malang via shutterstockSHUTTERSTOCK Museum Angkut Malang via shutterstock

Museum Angkut merupakan salah satu obyek wisata populer di Kota Batu. Lokasinya berada di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik, Kota Batu. 

Dengan luas hampir mencapai empat hektar, Museum Angkut merupakan museum transportasi pertama di Asia Tenggara, seperti dikutip dari laman resminya. 

Pengunjung bisa menemukan koleksi mobil klasik dan bersejarah, seperti mobil pertama Presiden Soekarno. Selain itu ada berbagai spot foto Instagramble, yakni Pasar Apung Nusantara, Buckingham Palace, Gangster Town, F1 Simulator, China Town, dan Flight Simulator. 

3. The Bagong Adventure Museum Tubuh 

Wisata Keluarga di Malang, The Bagong Adventure Museum TubuhSHUTTERSTOCK Wisata Keluarga di Malang, The Bagong Adventure Museum Tubuh

The Bagong Adventure Museum Tubuh adalah museum tubuh manusia pertama di Indonesia dan terbesar di Asia saat ini, seperti dikutip dari laman resminya. Anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan mengenai anggota tubuh dan fungsinya. 

Lokasinya berada dalam area Jatim Park 1 di Jalan Kartika Nomor 2, Kota Batu. Pengunjung bisa melihat dan mempelajari anatomi tubuh manusia. 

Berdiri di lahan seluas satu hektar, museum ini terbagi menjadi beberapa zona meliputi zona gigi, zona telinga, zona hidung, zona otak, zona mata, zona pembuluh darah, zona jantung, dan lainnya.

Museum tubuh juga dilengkapi dengan fasilitas multimedia modern guna mengedukasi pengunjung. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com