Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Merayakan Tahun Baru 2024 di Malang 

Kompas.com - 27/12/2023, 17:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Apakah kamu berencana merayakan tahun baru 2024 di Malang, Jawa Timur? Ada sejumlah tempat merayakan tahun baru di Malang yang bisa menjadi alternatif destinasi. 

Mulai dari pusat kota, pantai, maupun perbukitan. Sejumlah tempat tersebut juga menggelar pesta kembang api untuk memeriahkan pergantian tahun. 

Baca juga:

Selain Malang, wisatawan bisa memilih tempat merayakan tahun baru di Batu yang dapat ditempuh sekitar 30 menit hingga satu jam perjalanan. 

1. Alun-alun Kota Malang 

Alun-alun Malang.WIKIMEDIA COMMONS/CHRISTOPHE95 Alun-alun Malang.

Selain meriah, Alun-alun Kota Malang bisa menjadi pilihan tempat wisata Malang murah untuk liburan akhir tahun. Wisatawan hanya perlu membayar tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. 

Sembari menunggu momen pergantian tahun, pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas. Mulai dari bersepeda, jogging, berfoto, hunting kuliner, atau duduk santai sembari menikmati hiruk pikuk Kota Malang. 

Jika mengajak anak-anak, ada area playground yang bisa digunakan secara cuma-cuma oleh pengunjung. Lokasinya berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Merdeka Selatan, Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. 

2. Alun-alun Tugu Balaikota 

Alun-alun Tugu Kota Malang.
SHUTTERSTOCK/PAMBUDI YOGA PERDANA Alun-alun Tugu Kota Malang.

Selain Alun-alun Kota Malang, wisatawan bisa merayakan tahun baru 2024 di Alun-alun Tugu yang berada di depan kantor Balaikota Malang. Kawasan ini juga dikenal sebagai Alun-alun Bundar. 

Saat malam tahun baru, kawasan ini selalu dipadati pengunjung yang ingin merayakan momentum pergantian tahun. Biasanya, diselenggarakan pagelaran musik untuk menghibur pengunjung. 

Ikon Alun-alun Tugu Balaikota adalah monumen tugu yang terpancang di tengah kolam serta dikelilingi air mancur. Alamatnya berada di Jalan Tugu, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. 

3. Alun-alun Kota Batu 

Bianglala di Alun-alun Kota Batu, Jawa Timur (19/7/2019).SHUTTERSTOCK/RANDY IMANUEL Bianglala di Alun-alun Kota Batu, Jawa Timur (19/7/2019).

Bergeser ke Kota Batu, masyarakat bisa merayakan malam tahun baru di Alun-alun Kota Batu. Kawasan ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Kota Batu. 

Sembari menunggu momentum pergantian tahun, pengunjung bisa naik wahana bianglala yang ikonik atau berburu kuliner. 

Kuliner yang tidak boleh dilewatkan di  Alun-alun Batu adalah Pos Ketan Legenda 1967. Sesuai namanya, ketan susu aneka toping ini sudah berdiri sejak 1967 sehingga menjadi salah satu kuliner ikonik di Kota Batu. 

Baca juga:

4. Gunung Banyak 

Apakah kamu ingin merayakan tahun baru 2024 di perbukitan? Makan, Gunung Banyak di Kota Batu bisa menjadi alternatif. 

Berada di ketinggian 1.315 meter, Gunung Banyak menawarkan panorama city light Kota Malang dan Kota Batu. Wisatawan juga bisa menyaksikan gemerlap kembang api dari puncak Gunung Banyak. 

Gunung Banyak juga dilengkapi dengan berbagai atraksi wisata seperti Omah Kayu dan Taman Langit. Jadi, sembari menunggu momentum pergantian tahun, wisatawan bisa berkunjung ke tempat wisata tersebut. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com