Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resort Ski Gulmarg di India Kehilangan Salju akibat Cuaca Kering

Kompas.com - 15/01/2024, 12:01 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com - Resor Ski Gulmarg adalah salah satu resor ski terkemuka yang terletak di kawasan Himalaya, negara India.

Gulmarg dikenal sebagai resor ski tertinggi di dunia dan menawarkan salju yang melimpah dan memberikan pengalaman ski terbaik bagi para peselancar salju.

Namun, bagi peselancar salju yang berangan-angan bisa meluncur dengan asyik dalam waktu dekat ini, kemungkinan mereka akan kecewa.

Baca juga: Kemenparekraf Bangun SKI di Tanjungpinang Senilai Rp 50 Miliar

Dilansir dari CNN Travel, beberapa waktu ini, lereng Gulmarg ternyata malah tidak diselimuti oleh salju.

Tempat ini mengalami cuaca kering yang membuat seluruh salju hilang. Dengan begitu, para peselancar salju tidak bisa menikmati kawasan tersebut.

Padahal, biasanya pada bulan Januari, banyak wisatawan berkunjung ke Gulmarg karena salju sedang tebal.

Resor Ski Gulmarg memiliki jarak lebih dari 50 kilometer dari Kota Srinagar dan sekitar 20 kilometer dari Garis Kendali (LoC), perbatasan de facto yang membagi wilayah sengketa antara India dan Pakistan.

Resor ini menawarkan medan vertikal lebih dari 1.330 meter yang dapat digunakan untuk bermain ski dengan ketinggian 3.980 meter.

Baca juga: 5 Tips Liburan Musim Dingin di Swiss, Belajar Ski dan Atur Biaya

Staf Resor Ski Gulmarg mengatakan bahwa hotel-hotel mereka mengalami tingkat hunian yang sangat tinggi dalam beberapa hari terakhir, meskipun tidak ada salju.

Ia mengatakan bahwa masih ada banyak hal yang dapat dilakukan di kawasan tersebut. Seperti menaiki gondola, yang dapat menawarkan pemandangan indah dari atas puncak.

Namun, dengan kondisi lereng yang kering saat ini, akan sulit mencari nafkah dan tidak dapat melayani dan menerima para peselancar salju yang datang setiap tahunnya.

Resort Ski Gulmarg di India saat tertutup salju.WIKIMEDIA COMMONS/RUDOLPH A. FURTADO Resort Ski Gulmarg di India saat tertutup salju.

Penduduk lokal Gulmarg, yang mengajar seluncur salju kepada anak-anak dan orang dewasa, mengatakan bahwa daerah tersebut biasanya menerima dua tipe orang.

Jenis pertama adalah mereka yang datang ke sini hanya untuk tujuan wisata bersama keluarga dan teman.

“Lalu ada jenis kedua yang datang ke sini untuk melakukan aktivitas olahraga petualangan seperti ski dan snowboarding” jelasnya.

Baca juga: Imbas Badai Salju, Lebih dari 2.000 Penerbangan Dibatalkan di Midwest AS

Kota ini menerima 1,65 juta wisatawan pada tahun 2023, menurut berbagai laporan media yang mengutip pejabat pemerintah. Hal ini menimbulkan optimisme bahwa tahun 2024 akan menjadi tahun yang lebih banyak lagi.

Musim hujan salju yang terlambat

Raja Yaqoob, direktur pariwisata Kashmir yang dikelola India, merasa musim ski masih bisa diselamatkan, meski tertunda 10-15 hari karena musim kemarau.

Yaqoob mencatat bahwa musim hujan salju di Gulmarg biasanya terjadi pada bulan November hingga Februari-Maret.

Baca juga: Mengapa Salju Berwarna Putih?

“Kali ini salju turun satu atau dua kali pada bulan Desember. Namun hujan salju yang diperkirakan terjadi pada bulan Januari belum terjadi” katanya.

Hal ini tidak hanya terjadi di Kashmir tetapi juga terjadi di Leh, Ladakh, Uttarakhand, dan tempat lain di Himalaya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com