Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Penerbangan Baru dari Batam Langsung ke China

Kompas.com - 17/01/2024, 14:10 WIB
Hadi Maulana,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - PT Bandara Internasional Batam (BIB), pengelolah Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, kembali menghadirkan rute baru penerbangan Internasional Charter Flight Batam-China-Batam.

Direktur Utama BIB Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, rute ini merupakan rute baru yang sudah lama ditunggu-tunggu.

“Dengan adanya penerbangan internasional dari Batam menuju China atau sebaliknya, diharapkan akan membuka peluang bisnis dan investasi di sektor pariwisata, perdagangan, industri," kata Pikri di Bandara Hang Nadim, Rabu (17/1/2024).

"Tentunya akan memberikan peluang dan pengalaman baru bagi pelanggan untuk menjelajahi destinasi menarik di kedua negara,” jelas Pikri.

Pikri menjelaskan, rute penerbangan ini nantinya akan menjadi penerbangan reguler Internasional dari dan ke China.

Baca juga:

Hadirnya rute baru penerbangan tersebut merupakan tindaklanjut dan komitmen BIB dalam program leaving legacy.

Program ini menginisiasi transformasi ekosistem kebandarudaraan yang sebelumnya hanya melayani permintaan menjadi menciptakan permintaan (serving demand to creating demand).

Rencana penerbangan Internasional tersebut adalah dari dan ke Kunming (China) yang dilayani oleh maskapai Citilink Indonesia, dan akan dimulai pada tanggal 20 Januari 2024 mendatang.

Pada periode Januari – Maret penerbangan tersebut dijadwalkan satu kali seminggu.

Sementara untuk periode April – Mei direncanakan dua kali seminggu, dan pada periode selanjutnya sampai dengan Januari 2025 direncanakan menjadi tiga kali seminggu.

Rencana penerbangan Internasional tersebut adalah dari dan ke Kunming (China) yang dilayani oleh maskapai Citilink Indonesia, dan akan dimulai pada tanggal 20 Januari 2024 mendatang.KOMPAS.COM/HADI MAULANA Rencana penerbangan Internasional tersebut adalah dari dan ke Kunming (China) yang dilayani oleh maskapai Citilink Indonesia, dan akan dimulai pada tanggal 20 Januari 2024 mendatang.

Persiapan khusus Operasional Bandara juga telah disiapkan oleh manajemen BIB dan pihak-pihak terkait, guna kelancaran kegiatan Inagurasi atau penerbangan perdana nanti.

Mulai dari meningkatkan fasilitas dan utilitas pendukung pada area boarding gate international, checkin counter, imigration check, dan sebagainnya.

Tidak hanya itu optimalisasi pemeriksaan keamanan dan keselamatan penerbangan pada orang dan barang juga telah diterapkan, untuk memastikan terciptanya penerbangan yang aman dan nyaman.

Dengan terealisasinya rencana penerbangan Internasional dari dan ke China, diharapkan dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan kerjasama antara Indonesia khususnya Batam dan negara lain. 

Baca juga:

Kerjasama tersebut diharapkan akan membawa manfaat bagi pengembangan Batam sebagai kawasan yang berorientasi Internasional.

Selain itu aksesibilitas masyarakat Batam dan sekitarnya ke berbagai destinasi Internasional, juga dapat dilakukan dengan mudah dan efisien tanpa perlu terlalu banyak waktu untuk transit di negara lain terlebih dahulu.

“Penerbangan rute internasional tersebut juga akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia khususnya Batam,”

“Tentunya, meningkatnya pengunjung dan konektivitas dan berpengaruh pada permintaan berbagai layanan dan produk, sehingga berpontensi meningkatkan peluang usaha dikawasan tersebut,” pungkas Pikri.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com