Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Buka Penerbangan Rute Bali-Lampung mulai 17 Januari 2024

Kompas.com - 18/01/2024, 10:10 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS. com - Maskapai penerbangan AirAsia membuka penerbangan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menuju Bandara Internasional Radin Inten II, Lampung, pulang-pergi (PP), mulai 17 Januari 2024.

"Mengawali tahun 2024 ini, Indonesia AirAsia kembali membuktikan komitmennya dengan terus memperluas konektivitas penerbangan, " kata Head of Government Relations & Corporate Communications, Indonesia AirAsia, Eddy Krismeidi Soemawilaga dalam rilis resmi, Rabu (17/1/2024).

Ia melanjutkan, pembukaan rute ini juga salah satu upaya Indonesia AirAsia untuk menghubungkan wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) yang ingin berwisata ke Lampung.

Baca juga: 5 Cagar Budaya di Metro Lampung, Wisata untuk Pencinta Sejarah

"Diharapkan dengan bertambahnya rute dari dan menuju Lampung ini, dapat menambah jumlah wisnus maupun wisman untuk berkunjung pada 2024. Sehingga dapat membantu pemerintah daerah Lampung dari segi sektor pariwisata dan ekonomi, " katanya.

Adapun durasi penerbangan rute baru ini yakni selama 2 jam 10 menit, dengan frekuensi penerbangan empat kali dalam sepekan, yakni Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

Jadwal penerbangan Indonesia AirAsia rute Bali-Lampung PP

  • Pesawat dengan nomor penerbangan QZ 182 dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pukul 10.50 WITA, dan tiba di Bandara Internasional Radin Inten II, Lampung pukul 12.00 WIB
  • Sebaliknya, pesawat dengan nomor penerbangan QZ 183 berangkat dari Bandara Internasional Radin Inten II, Lampung pukul 12.25 WIB, dan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pukul 15.30 WITA

Pembukaan penerbangan AirAsia rute ini juga disambut baik oleh pemerintah Bandar Lampung.

"Penambahan rute ini juga menandai komitmen pemerintah daerah Lampung dalam mengembangkan konektivitas dan pariwisata di Lampung," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto.

Baca juga: 6 Fakta Taman Nasional Way Kambas Lampung, Tempat Konservasi Gajah Sumatera

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Lampung dicatat sebagai daerah dengan kunjungan wisnus terbesar ketiga di Pulau Sumatera, setelah Sumatera Utara dan Sumatera Barat pada 2023.

Adapun jumlah pergerakan wisnus ke Lampung pada periode Januari-November 2023 mencapai 12.216.420 wisatawan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Jumlah tersebut telah melampaui target yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung pada tahun 2023, yaitu sebesar pergerakan 5.490.000 wisnus. Kata Eddy, pembukaan rute ini juga memudahkan wisman untuk berkunjung ke Lampung.

"Kini, wisman asal Australia, Malaysia, Singapura, dan Thailand dapat berkunjung ke Lampung dengan AirAsia melalui penerbangan lanjutan dari Jakarta dan Denpasar, begitu juga sebaliknya, " kata Eddy.

Daya tarik wisata di Lampung

Salah satu destinasi wisata Lampung yang sudah diakui di mata dunia adalah Pantai Tanjung Setia. Pantai ini dipilih menjadi tuan rumah bagi kejuaraan International World Surf LeagueKrui Pro 2023 pada Juni lalu.

Pembawa acara Explore Indonesia, Kamga, berada di Pantai Gigi Hiu, Lampung.Dok. KOMPAS TV Pembawa acara Explore Indonesia, Kamga, berada di Pantai Gigi Hiu, Lampung.

Di sini, para pencinta selancar dapat melihat secara langsung deburan ombak nan memukau sekaligus mencoba untuk menaklukan tantangan di balik keindahannya.

Selain itu, ada pula wisata Pulau Pahawang, Taman Nasional Way Kambas, Pantai Dewi Mandapa, Danau Suoh, Mata Air Way Sumpuk, Goa Pantai Minang Rua, Pulau Balak, Pantai Gigi Hiu, dan Pantai Batu Lapis.

Baca juga: Lampung Punya Pantai Gigi Hiu, Seperti Apa Keunikannya?

Sebagai informasi, melalui keterangan resminya Indonesia AirAsia juga menginformasikan bahwa per 1 Februari 2024 AirAsia akan meningkatkan frekuensi penerbangan rute Jakarta-Bandar Lampung menjadi dua kali sehari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com