Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Charter Flight, Solusi Penumpang untuk Hemat Tiket Pesawat ke Belitung

Kompas.com - 18/01/2024, 20:10 WIB
Heru Dahnur ,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

BELITUNG, KOMPAS.com - Ratusan penumpang ambil bagian dalam penerbangan malam pesawat Citilink dari Jakarta ke Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Penerbangan yang mengusung konsep charter flight itu dilakukan demi menekan harga tiket rute Jakarta - Belitung dan sebaliknya.

"Setelah Super Air Jet tak lagi melayani rute Belitung, harga tiket mencapai Rp 800.000 - Rp 1 juta, sehingga digagas charter flight ini," kata Kepala Dinas Pariwisata Belitung Annyta kepada Kompas.com, Kamis (18/1/2024).

Annyta menuturkan, dengan charter flight harga tiket pesawat bisa ditekan menjadi lebih murah.

Penerbangan tersebut dijadwalkan Jumat (19/1/2024) pukul 19.30 WIB dari Jakarta - Tanjung Pandan, Belitung dengan harga tiket mulai Rp 800.000.

Kemudian penerbangan balik dari Tanjung Pandan, Belitung - Jakarta pukul 21.15 dengan harga tiket mulai Rp 600.000.

"Informasi kemarin sudah ada 136 penumpang yang mendaftar," ujar Annyta.

Baca juga: 81 Persen Penerbangan Sesuai Jadwal Saat Libur Nataru, Citilink, Trigana Air, dan Pelita Air Paling Tepat Waktu

Dia berharap, penerbangan charter flight bisa berlanjut untuk memperluas akses kunjungan ke Belitung.

Usai hantaman Covid-19 tahun lalu, pariwisata Belitung kembali digenjot, salah satunya dengan biaya transportasi yang lebih murah.

Tiket pesawat mahal tantangan pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada akhir 2023 lalu menyebutkan tiket pesawat mahal masih menjadi tantangan pariwisata Indonesia 2024. 

"Tantangan terberat pariwisata Indonesia 2024 masih soal harga tiket yang mahal. Wisatawan tentunya membagi biaya hidup, biaya healing. Ke depan mudah-mudahan ada solusi,” kata Sandiaga Uno di sela kunjungan ke Palembang, Sabtu (30/12/2023).

Ia menyebutkan, saat ini tengah berupaya untuk bekerjansama dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan untuk menekan tingginya angka tiket pesawat.

Diharapkan nantinya industri pariwisata tetap bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, Sandiaga juga menyarankan skema subsidi tiket dari pemerintah daerah kepada maskapai sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com