Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batik Air Mulai Layani Jakarta-Pangkalpinang PP Setiap Hari

Kompas.com - 29/01/2024, 08:08 WIB
Heru Dahnur ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Batik Air resmi melayani kembali penerbangan langsung rute Jakarta-Pangkalpinang pulang-pergi (PP) pada Minggu (28/1/2024).

Kedatangan penumpang dalam penerbangan perdana tersebut disambut langsung Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA dan Pj Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang.

Safrizal menyambut baik pembukaan direct flight tersebut. Menurutnya, penerbangan langsung itu menjawab apa yang menjadi harapan masyarakat agar ada banyak pesawat yang melayani transportasi udara, sehingga dengan persaingan akan menekan harga tiket.

Baca juga: Taman Bukit Baru, Warisan Belanda di Pangkalpinang untuk Rekreasi Gratis

"Kami sangat mengapresiasi maskapai Batik Air yang sudah merespons surat untuk membuka kembali penerbangan ke Babel yang sempat vakum beberapa waktu lalu," ungkap Safrizal di Terminal Kedatangan Penumpang.

Dengan bertambahnya layanan penerbangan, Safrizal berharap mobilitas orang, barang, dan jasa semakin lancar, sehingga bisa meningkatkan perekonomian daerah.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Jadwal penerbangannya yakni dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Depati Amir pada pukul 09.45 WIB.

Baca juga: Tempat Wisata yang Berdekatan di Pangkalpinang, Bisa Dikunjungi Semua

Sementara pesawat dari Bandara Depati Amir menuju Bandara Soekarno-Hatta, jadwalnya pukul 11.45 WIB.

Ajak maskapai lain buka rute ke Bangka Belitung

Safrizal mengajak maskapai lainnya untuk membuka rute penerbangan langsung ke Bangka Belitung. Menurut dia, Super Air Jet dalam waktu dekat akan membuka lagi rute penerbangan Pangkalpinang-Batam PP.

"Saya mengundang lebih banyak penerbangan langsung baik dari dan ke Babel. Tak hanya Bangka, tetapi juga ke Belitung. Saya bersama Forkopimda siap berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh maskapai," pungkasnya.

Ilustrasi pesawat batik air.Shutterstock Ilustrasi pesawat batik air.

Sementara itu, Direktur Operasional Batik Air Bendri Mardas mengatakan, penerbangan dilakukan dengan frekuensi satu kali setiap hari menggunakan pesawat Boeing 737-800NG berkapasitas 12 kursi kelas bisnis dan 154 kursi kelas ekonomi.

Selain itu, juga menggunakan armada Airbus 320-200 kapasitas 12 kursi kelas bisnis dan 144 kursi kelas ekonomi.

Baca juga: Hutan Kota di Pangkalpinang, Tempat Santai dengan Sumber Air yang Tak Pernah Kering

"Jika diperlukan, pada saat-saat Imlek (high sseason) dan memang demand-nya ada, Batik Air bersedia untuk menambah jumlah penerbangan pada perayaan-perayaan tertentu," ucap dia.

Selaku perwakilan Batik Air, Bendri Mardas juga turut berterima kasih atas dukungan Pemprov Babel yang telah mempermudah dibukanya kembali rute penerbangan Pangkalpinang-Jakarta yang sempat ditutup.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com