Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Wisata yang Berdekatan di Pangkalpinang, Bisa Dikunjungi Semua

Kompas.com - 18/11/2023, 09:09 WIB
Heru Dahnur ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Bagi kamu yang ingin berwisata di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, tetapi tidak punya banyak waktu, jangan khawatir.

Ada beberapa tempat wisata menarik yang lokasinya berdekatan. Lokasinya masih berada di pusat kota.

Berikut ini Kompas.com rangkum beberapa tempat wisata di Kota Pangkalpinang yang lokasinya berdekatan:

Museum Timah

Sesuai namanya, museum timah berisikan informasi tentang pertimahan. Museum dilengkapi diorama yang mengisahkan pertambangan timah sejak berabad lampau hingga masa kini.

Pengunjung di Museum Timah Indonesia, salah satu destinasi wisata di Kota Pangkalpinang.Kompas/Wisnu Widiantoro Pengunjung di Museum Timah Indonesia, salah satu destinasi wisata di Kota Pangkalpinang.

Berada di museum timah, pengunjung bisa merasakan suasana kehidupan masyarakat Bangka Belitung yang sejak dulu identik dengan tambang timahnya.

Museum ini bisa dikunjungi tanpa dipungut biaya alias gratis. Museum buka setiap hari, kecuali Jumat.

Baca juga: Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Timah Indonesia Pangkalpinang

Museum Timah berlokasi di Jalan Ahmad Yani Nomor 179, Kelurahan Batintikal. Dari Bandara Depati Amir, museum timah berjarak sekitar 10 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit menggunakan minibus.

Tugu Koin dan Masjid Kubah Timah

Tugu koin dan Masjid Kubah Timah merupakan ikon wisata baru di Kota Pangkalpinang. Lokasinya di Jalan Jenderal Sudirman, terpaut sekitar dua kilometer dari museum timah.

Tugu koin (Gongsi) di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (13/3/2021). KOMPAS.com/HERU DAHNUR Tugu koin (Gongsi) di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (13/3/2021).

Tugu koin melambangkan titik nol Pangkalpinang sekaligus simbol peradaban masa lalu. Tugu ini berupa koin Gongsi, terbuat dari lempengan logam berukuran sekitar dua meter.

Pada plakat yang terpasang di depan tugu disebutkan, replika Pitis Pangkalpinang tersebut merujuk pada tahun 1217 Hijriah atau 1802 Masehi.

Baca juga: Masjid Agung Kubah Timah, Karya Ridwan Kamil yang Berbentuk Tudung Saji

Bahasa arab melayu pada sisi muka bertuliskan Haza Fulus Pangkalpinang yang berarti uang Pangkalpinang. Sementara pada bagian belakang berupa tulisan Hakka, Bing Lang atau Ping Lang yang berarti pohon pinang atau nama spesifik dari Kota Pangkalpinang.

Mata uang tersebut merefleksikan juga transaksi ekonomi dan kebudayaan Asia di Pulau Bangka sebelum kemerdekaan.

Masjid Agung Kubah Timah yang baru saja ditanami pohon untuk melengkapi taman di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (4/11/2023).KOMPAS.com/HERU DAHNUR Masjid Agung Kubah Timah yang baru saja ditanami pohon untuk melengkapi taman di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (4/11/2023).

Sementara itu, Masjid Kubah Timah berseberangan jalan dengan tugu koin. Masjid ini diresmikan 10 November 2023 atau bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Masjid Kubah Timah menjadi tempat ibadah sekaligus melambangkan ciri khas lokal. Bentuk masjid seperti kubah, mirip dengan tudung saji yang merupakan penutup makanan tradisional di Bangka.

Baca juga: Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Timah Indonesia Pangkalpinang

Sementara kata timah mengingatkan kita akan hasil tambang di Kepulauan Bangka Belitung berupa timah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com