Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Liburan Seru Saat Long Weekend, Jangan Terlalu Lama di Jalan

Kompas.com - 08/02/2024, 09:41 WIB
Krisda Tiofani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Libur panjang dari Kamis (8/2/2024) sampai Minggu (11/2/2024) pada pekan ini bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan sendirian atau bersama keluarga. 

Rinciannya, periode ini terdiri dari Isra Mikraj pada Kamis (8/2/2024), dilanjut dengan cuti bersama pada Jumat (9/2/2024), lalu Tahun Baru Imlek pada Sabtu (10/2/2024), dan hari Minggu (11/2/2024). 

Baca juga: Catat, Daftar Libur Panjang 2024

Sebelum melancong, kamu bisa menyimak tips liburan nyaman saat long weekend yang dilansir dari NPR dan sumber lainnya, Kamis (8/2/2024), berikut ini.

Tips liburan long weekend Februari 2024

1. Tentukan destinasi yang ingin dituju

Ilustrasi wisatawan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi wisatawan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Seperti biasanya, rencanakan destinasi yang ingin dituju untuk long weekend. Kamu bisa memilih pantai atau pegunungan yang menawarkan pemandangan alam, atau sekadar perjalanan singkat di kotamu. 

Namun, terkadang periode libur panjang bisa membuat pelaku perjalanan berambisi menjelajahi beragam destinasi sekaligus. 

"Anda akan menghabiskan seluruh waktu Anda di pesawat dan kereta api, semua yang Anda lihat akan buyar, dan Anda akan kelelahan," ucap owner Small World Travel di Texas, Amerika Serikat, Sam McClure, dikutip dari The New York Times. 

Agar tidak kelelahan, sebaiknya batasi destinasi yang dituju, misalnya fokus ke satu negara atau area dengan transportasi yang saling terhubung untuk memudahkanmu. Salah satu contohnya adalah Thailand dan Kamboja. 

2. Pesan penginapan jauh-jauh hari

Ilustrasi hotel. Sebuah keluarga di China menuai sorotan karena memilih tinggal di kamar suite hotel mewah selama lebih dari tujuh setengah bulan.Unsplash/Marten Bjork Ilustrasi hotel. Sebuah keluarga di China menuai sorotan karena memilih tinggal di kamar suite hotel mewah selama lebih dari tujuh setengah bulan.

Liburan akhir pekan panjang lebih baik disiapkan jauh-jauh hari. Sebab, bisa jadi tarif penginapan lebih murah.

Pesan tiga atau empat bulan sebelumnya untuk berjaga-jaga bila biaya transportasi naik ketika long weekend tiba.

Baca juga:

3. Pilih moda transportasi

Ilustrasi bus milik Weha Transportasi IndonesiaDok. Weha Transportasi Indonesia Ilustrasi bus milik Weha Transportasi Indonesia

Selama long weekend, bisa jadi jadwal transportasi yang dipilih berubah. Sebaiknya, pastikan dan cek ulang jadwal transportasi umum untuk memudahkan perjalanan wisata.

Hal itu terutama berlaku untuk perjalanan darat menggunakan bus dan kereta. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com