Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Promo, Masyarakat Diimbau Gunakan Hak Suara Sebelum Liburan

Kompas.com - 13/02/2024, 09:09 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak suara saat Pemilihan Umum (pemilu) terlebih dahulu sebelum berwisata.

Mengingat, ada promo Klingking Fun yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat usai menggunakan hak pilih saat pemilu 2024.

"Program tersebut mengamplifikasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya," kata Sandiaga di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2024).

Baca juga: Jam Buka Dusun Semilir Saat Pemilu, Bisa Mencoblos Dulu Sebelum Datang

Menurut dia, masyarakat bisa datang ke tempat wisata, tempat belanja, untuk mendapatkan diskon dan promo dengan menunjukkan jari kelingking yang telah terendam tinta ungu.

Dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Klingking Fun merupakan program yang diinisiasi oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Tingkatkan partisipasi masyarakat ikut Pemilu

Program ini hadir sebagai upaya untuk meningkatkan minat masyarakat berpartisipasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu). Mulanya sudah dilaksanakan pada masa Pemilu 2019 dan akan diterapkan kembali pada Pemilu 2024.

Sistemnya, bagi masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara, akan mendapatkan diskon belanja. Diskon tersebut berlaku di hotel, restoran, dan di tempat-tempat rekreasi.

Baca juga: Pendakian Gunung Andong Tetap Buka Saat Pemilu 2024

"Mudah-mudahan (program) ini bisa mengangkat konsumsi (masyarakat), karena ekonomi kita di-drive oleh konsumsi," kata Sandiaga.

Sementara itu, Ketua Umum APINDO, Shinta W Kamdani menambahkan bahwa selain menekan angka pemilih golput (golongan putih), program ini juga terbukti efektif meningkatkan angka transaksi masyarakat di pusat-pusat perbelanjaan sekitar tiga sampai 10 kali lipat saat pemilu.

Para wisatawan saat berfoto di landmark menara EiffelKOMPAS.com / Wijaya Kusuma Para wisatawan saat berfoto di landmark menara Eiffel

"Dengan tintanya itu seseorang bisa ke mal-mal, berbelanja, dan mendapatkan diskon khusus. Selain menurunkan angka golput, kita juga bisa meningkatkan angka transaksi belanja saat pemilu," ujar Shinta dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (5/2/2024).

Masyarakat yang hendak mendapatkan diskon cukup memperlihatkan tinta di jari kelingking sebagai bukti telah menyalurkan hak pilihnya saat Pemilu.

Baca juga: Kawasan Kawah Ijen Tutup Sehari Saat Pemilu 2024

"Jangan langsung berlibur, atau kalau berlibur urus (pemindahan suara) sebelumnya sehingga mereka tetap bisa menggunakan hak pilihnya di mana mereka berkegiatan wisata," pungkas Sandi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com