Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Berkunjung ke Air Terjun Seloresi di Wonogiri, Awas Salah Jalan

Kompas.com - 26/02/2024, 21:01 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, punya sejumlah air terjun yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Air Terjun Seloresi.

Berlokasi di Dusun Salam, Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, air terjun ini cukup tersembunyi di lembah Lawu Selatan.

Meski begitu, belakangan ini Air Terjun Seloresi sedang naik daun. Itu karena sudah dibangun jalur pertanian dan perkebunan dari cor yang bisa dilalui sepeda motor sampai area parkir.

Baca juga: Air Terjun Seloresi, Hidden Gem Wonogiri di Lembah Lawu Selatan

Dari area parkir, perjalanan menuju titik air terjun sebenarnya cukup dekat, hanya memakan waktu sekitar 10-15 menit.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Generasi Cuan (@gen.cuan)

Oleh karena itu, video dan foto air terjun ini pun cukup sering tayang di postingan akun Instagram wisata Wonogiri, seperti @explore_wonogiri.

Tips ke Air Terjun Seloresi

Kompas.com sempat berkunjung ke Air Terjun Seloresi pada Kamis (1/2/2024). Agar perjalanan lancar, simak dulu tips yang Kompas.com rangkum berikut ini:

1. Datang pagi

Pagi hari adalah waktu yang pas untuk berkunjung ke Air Terjun Seloresi. Terlebih saat musim hujan, pagi hari biasanya masih cerah.

Baca juga: Rute ke Air Terjun Seloresi, Menuju Lembah Lawu Selatan

Cuaca musim hujan biasanya mulai mendung pada siang hari. Selain itu, suasana perkebunan dan persawahan di tengah lembah akan bagus-bagusnya pada pagi hari dengan kabut tipisnya.

2. Datang saat cuaca cerah

Berkunjung ke air terjun memang pas dilakukan saat musim hujan karena debit airnya akan lebih deras, sehingga lebih indah.

Kondisi jalan menuju Air Terjun Seloresi di Slogohimo, Wonogiri, Kamis (1/2/2024).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kondisi jalan menuju Air Terjun Seloresi di Slogohimo, Wonogiri, Kamis (1/2/2024).

Begitu juga dengan Air Terjun Seloresi. Meski mengalir sepanjang tahun, alirannya akan lebih sedikit pada musim kemarau.

Namun meski berkunjung pada musim hujan, pastikan untuk datang saat cuaca cerah. Datang saat hujan lebat selain menyulitkan perjalanan, juga berbahaya karena ada risiko bencana banjir atau tanah longsor.

3. Jangan ikuti jalan penyadap pinus

Perjalanan dari parkiran sampai titik air terjun dengan berjalan kaki, memang tidak terlalu jauh. Namun, jangan sampai salah jalur.

Kompas.com sempat salah jalan melalui jalur penyadap pinus, sehingga harus kembali lagi dan perjalan menjadi sekitar 45 menit.

Baca juga: Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Air Terjun Seloresi Wonogiri

Percabangan jalan ada di pos peristirahatan. Kompas.com salah jalur karena saat itu terdapat pohon pinus yang tumbang, sehingga plang petunjuk jalan terhalang.

Jalur yang benar adalah, dari pos peristirahatan, belok kiri. Meski seolah jalan lebih sempit dan harus melewati sungai, tetapi itu adalah jalan yang benar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com