Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Jepang, Ini 7 Lokasi Terbaik Melihat Bunga Sakura Tahun 2024

Kompas.com - 27/02/2024, 10:10 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap tahun, pesona mekarnya bunga sakura atau cherry blossoms di Jepang selalu menjadi magnet bagi pengunjung dari seluruh penjuru dunia.

Namun, ternyata bunga sakura tidak hanya ada di Jepang. Negara-negara lain ternyata juga punya bunga sakura.

Baca juga: Memahami Ikigai, Rahasia Hidup Bahagia ala Jepang

Jika berencana melihat bunga sakura yang bermekaran, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat berikut ini, dilansir dari laman Lonely Planet:

Tempat terbaik melihat bunga sakura

Inilah daftar destinasi terbaik untuk menikmati keindahan bunga sakura pada tahun 2024, lengkap dengan tanggal penting untuk meningkatkan peluang Anda menangkap keindahan yang singkat ini.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

1. Yoshino, Jepang

Yoshino adalah salah satu destinasi terbaik di Jepang untuk melihat bunga sakura bermekaran. Dengan sekitar 30.000 pohon sakura yang menghiasi Gunung Yoshino, pengunjung dapat menikmati panorama warna pink yang menakjubkan.

Taman Takami no Sato yang terletak di gunung Yoshino, prefektur Nara, ini berjarak sekitar satu jam setengah dari pusat kota Osaka. Di dataran dengan ketinggian 650 meter dari atas laut ini tumbuh seribu batang shidare zakura. KARAKSA MEDIA Taman Takami no Sato yang terletak di gunung Yoshino, prefektur Nara, ini berjarak sekitar satu jam setengah dari pusat kota Osaka. Di dataran dengan ketinggian 650 meter dari atas laut ini tumbuh seribu batang shidare zakura.

Menurut Japan Meteorological Corporation, bunga sakura di Yoshino akan mekar sekitar tanggal 25 Maret dan mencapai puncaknya pada awal April.

2. Washington, DC, Amerika Serikat

Setiap tahun, ibu kota AS memperindah diri dengan kedatangan bunga sakura. Perayaan ini dimulai sejak tahun 1912 ketika wali kota Tokyo menghadiahkan 3.000 pohon sakura kepada kota sebagai simbol persahabatan AS-Jepang.

Pohon-pohon sakura ketika mekar di Washingtonamericaslibrary Pohon-pohon sakura ketika mekar di Washington

Festival Nasional Bunga Sakura menghadirkan pesta dan pertunjukan selama sebulan penuh. Taman Nasional Cherry Blossom Festival dijadwalkan berlangsung mulai dari tanggal 20 Maret hingga 14 April.

3. Macon, Georgia, Amerika Serikat

Kota Macon di Georgia, AS ini menjadi hidup ketika sekitar 350.000 pohon sakura Yoshino bermekaran di pertengahan Maret.

Baca juga: Bunga Sakura di Tokyo Mekar Lebih Awal pada 2024, Ini Sebabnya

Macon dikenal sebagai "Ibu Kota Bunga Sakura Dunia" dengan acara Festival Internasional Bunga Sakura yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 24 Maret.

4. Vancouver, Kanada

Cinta Vancouver terhadap bunga sakura dimulai setelah Perang Dunia I, ketika para wali kota dari Kobe dan Yokohama, Jepang, menghadiahkan 500 pohon sakura kepada Dewan Taman Vancouver.

Ilustrasi Sakura Unplash/Weiqi Xiong Ilustrasi Sakura

Sekarang, sekitar 43.000 pohon sakura mekar di seluruh kota. Festival Bunga Sakura Vancouver berlangsung mulai dari tanggal 29 Maret hingga 25 April.

5. New York, Amerika Serikat

Di tengah gemerlapan kota New York, taman-taman di berbagai sudut kota dipenuhi dengan keindahan bunga sakura pada bulan April.

Baca juga: Kapan Musim Sakura Mekar di Jepang 2024?

Taman Botani Brooklyn dan Taman Botani New York menjadi tempat yang sangat populer untuk menikmati keindahan bunga sakura.

Sebagian besar pohon sakura mekar sekitar pertengahan April, namun beberapa pohon dapat mekar beberapa minggu sebelum atau setelahnya.

6. Paris, Perancis

Paris menjadi sangat romantis di musim semi dengan kehadiran berbagai bunga mekar, termasuk bunga sakura.

Ilustrasi Menara Eiffel di Paris, Perancis. Selain berkunjung, wisatawan juga bisa mengetahui sejarah Menara Eiffel yang cukup unik.Dok. UNSPLASH/Kirsten Drew Ilustrasi Menara Eiffel di Paris, Perancis. Selain berkunjung, wisatawan juga bisa mengetahui sejarah Menara Eiffel yang cukup unik.

Pohon-pohon sakura di Jardins du Trocadéro memberi latar belakang yang indah untuk Menara Eiffel. Jardin des Tuileries dan Jardin des Plantes juga menawarkan pemandangan yang memukau.

Baca juga: Setelah Perancis, Giliran Spanyol Larang Penerbangan Pendek 2,5 Jam

Parc de Sceaux, hanya 45 menit dari pusat kota, juga menjadi destinasi yang indah untuk menikmati bunga sakura.

7. Valle del Jerte, Spanyol

Di region Extremadura, Spanyol, terdapat sekitar 1,5 juta pohon sakura. Lembah Jerte menjadi tempat yang menakjubkan untuk melihat bunga sakura mekar, terutama selama Fiesta del Cerezo en Flor (Festival Bunga Sakura) yang berlangsung dari tanggal 22 Maret hingga 7 April.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com