Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Borobudur Jadi Wisata Spritual Indonesia, Bagaimana Perkembangannya?

Kompas.com - 29/02/2024, 18:06 WIB
Krisda Tiofani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Candi Borobudur dijadikan wisata spiritual Indonesia untuk menggaet turis asing, sudah lama terdengar.

Dikutip dari berita Kompas.com yang tayang pada Rabu (27/4/2016), Bambang Susanto Priyohadi yang saat itu menjabat sebagai Tenaga Ahli Menteri Bidang Pembangunan Regional Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, menyebut rencana pengembangan Candi Borobudur menjadi wisata spiritual.

"Program kami tidak berubah. Kami akan menata agar zona utama Candi Borobudur berfungsi sebagai wisata spiritual. Tapi tidak berarti ke arah religi tertentu," ujar Bambang.

Baca juga: Camera House Borobudur : Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

Tujuh tahun berselang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, juga menyampaikan hal yang sama.

"Khusus untuk Borobudur dengan potensi 42 juta masyarakat Asean beragama Buddha, bisa menjadi destinasi wisata spiritual," kata Sandiaga dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/6/2023), dikutip dari berita video Kompas.com.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Ia melanjutkan, kawasan Borobudur dapat menampung lebih dari 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara dalam beberapa tahun ke depan.

Pengembangan ini didorong dengan pembangunan infrastruktur berupa bandara, jalan tol, dan jalur kereta api.

Pengembangan berlanjut

Terbaru, Sandiaga mengatakan, pengembangan Candi Borobudur menjadi wisata spiritual masih terus dilakukan.

Ia menyadari besarnya potensi tempat ini sebagai tujuan wisata spiritual bagi umat Buddha di Asia Tenggara.

Sejumlah perempuan pelajar SMP yang naik ke bangunan Candi Borobudur, Senin (12/2/2024).Dokumentasi PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Sejumlah perempuan pelajar SMP yang naik ke bangunan Candi Borobudur, Senin (12/2/2024).

Namun, masih diperlukan kerja sama antarkementerian untuk mewujudkan Borobudur sebagai destinasi wisata spiritual Indonesia.

"Spiritual tourism, salah satu yang terbesar itu adalah umrah di Arab Saudi. Itu Indonesia menjadi penyumbang terbesar," kata Sandiaga saat ditemui media usai acara Weekly Brief with Sandiuno, Senin (26/2/2024).

Baca juga:

Menurut dia, Borobudur juga harus dikembangkan sebagai wisata spiritual dengan lintas kementerian.

"Ada Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, dan Kementerian Agama untuk mengembangkan wisata spiritual, khususnya Borobudur dan Prambanan," ungkapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com