Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat Naik DAMRI, Tidak Sulit

Kompas.com - 15/03/2024, 12:01 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang sudah tidak asing bagi warga Kota Bandung.

Monumen ini menyimpan koleksi benda-benda yang digunakan pada masa perjuangan dulu. Mulai dari seragam pejuang, hingga alat tempur, juga diorama seputar kejadian-kejadian pada masa perjuangan, semua ada.

Lokasi Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, terletak di Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, tepat berseberangan dengan Universitas Padjadjaran kampus Dipatiukur.

Baca juga: Tradisi Munggahan Jelang Ramadhan Khas Masyarakat Sunda Jawa Barat

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung, transportasi Teman Bus atau Damri dapat menjadi opsi yang bisa digunakan untuk menuju ke Monumen Perjuangan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Cara ke Museum Monumen Perjuangan dari Leuwipanjang

Apabila datang dari luar kota yang baru turun di terminal Leuwipanjang, atau warga Bandung yang tinggal di sekitarnya, Anda bisa menggunakan Teman Bus trayek Leuwipanjang-Dipatiukur.

Berada di koridor 4, Anda bisa menaiki Teman Bus dari halte Leuwipanjang dengan trayek Dipatiukur PP untuk langsung menuju ke Dipatiukur tanpa transit.

Baca juga: 7 Wisata Curug di Majalengka Jawa Barat

Setelah tiba di pemberhentian terakhir Dipatiukur, Anda hanya perlu berjalan kaki kurang lebih 50 meter menuju pintu masuk Monumen Perjuangan.

Cara ke Museum Monumen Perjuangan dari Alun-alun Bandung

Untuk pergi menuju Monumen Perjuangan dari Alun-Alun Kota Bandung yang berada di pusat kota, Anda dapat menggunakan Teman Bus dari Halte Asia Afrika.

Wajah baru Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat di Kota Bandung usai dibuka kembali pada Kamis (28/12/2023).Kompas.com/Faqih Rohman Syafei Wajah baru Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat di Kota Bandung usai dibuka kembali pada Kamis (28/12/2023).

Dari Alun-alun, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 100 meter menuju Halte Asia Afrika, kemudian menaiki Teman Bus dengan rute tujuan akhir Cicaheum.

Pada rute Cicaheum, Anda harus melakukan transit di halte Jalan BKR, kemudian melanjutkan perjalanan dari Halte BKR menggunakan Teman Bus dengan rute tujuan akhir Dipatiukur.

Cara ke Museum Monumen Perjuangan dari Jatinangor

Bagi Anda pengunjung atau mahasiswa yang berasal dari Jatinangor, tak perlu khawatir untuk kerepotan berkunjung ke Monumen Perjuangan.

Di Jatinangor, Anda dapat menaiki Teman Bus dari Pangkalan Damri Unpad atau Halte Jatinangor Town Square (Jatos).

Baca juga: 6 Tempat Wisata Alam di Jawa Barat, Cocok untuk Healing Sejenak

Teman Bus dari Jatinangor memiliki satu rute langsung dengan tujuan akhir Dipatiukur, sehingga Anda tidak perlu melakukan transit untuk pergi ke Monumen Perjuangan.

Trayek Jatinangor-Dipatiukur juga berlaku sebagai trayek PP (Pulang-Pergi) sehingga Anda hanya perlu kembali menaiki Teman Bus dari Dipatiukur untuk kembali pulang ke Jatinangor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com