Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menulis Tanda Pengenal Koper yang Aman dan Tepat

Kompas.com - 23/04/2024, 09:39 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Menulis tanda pengenal koper yang aman dan tepat merupakan langkah penting untuk memastikan keamanan dan kemudahan identifikasi kopermu selama bepergian.

Dengan mengikuti tips berikut ini, kamu bisa meminimalisir risiko kehilangan atau koper tertukar dengan penumpang lain selama perjalanan.

Dilansir dari laman Love to Know, simak tips menulis tanda pengenal koper yang tepat.

1. Cantumkan informasi

Hal yang perlu kamu tuliskan dalam tanda pengenal koper adalah nama. Gunakan nama yang sesuai dengan yang tertera pada tiket pesawat atau boarding pass.

Keluarga yang bepergian dengan membawa beberapa koper untuk anggota keluarga dapat menuliskan satu nama kontak utama, misalnya salah satu nama orangtua, pada semua koper.

Nomor ponsel. Ini cara terbaik bagi maskapai untuk menghubungimu, jika koper tertinggal atau tertukar. Jika kamu bepergian ke luar negeri, pastikan untuk menyertakan kode negara selain kode area dan nomor ponsel.

Nomor telepon hotel atau tujuan. Banyak orang juga mencantumkan nomor telepon hotel atau tujuan pada tanda pengenal koper.

Alamat email. Menuliskan alamat email juga bisa membantumu selama perjalanan. Email dari maskapai juga dapat dituliskan untuk referensi dan konfirmasi.

2. Hindari menuliskan alamat rumah

Beberapa orang mungkin akan merasa kalau memberikan alamat rumah bisa berbahaya, karena hal itu dapat memberi tahu pencuri potensial bahwa rumah dalam keadaan kosong.

Namun, yang lain merasa bahwa memiliki nomor telepon rumah dan/atau alamat adalah cara praktis untuk maskapai mengembalikan koper tertinggal atau hilang.

Jika kamu ingin memberikan alamat tetapi tidak ingin menyertakan alamat rumah, pertimbangkan untuk mencantumkan alamat kantor.

Ilustrasi koper, barang bawaan dari luar negeri. SHUTTERSTOCK/WESTUDIO Ilustrasi koper, barang bawaan dari luar negeri.

3. Tuliskan informasi yang mudah dibaca

Sebaiknya print atau cetak informasi yang akan ditempel dalam tanda pengenal koper. Hal tersebut untuk memastikan semua informasi bisa dibaca dengan mudah.

Gunakan tanda pengenal yang tahan air

Sebaiknya gunakan tanda pengenal koper yang terbuat dari material tahan air agar informasi yang tertulis di dalamnya tidak mudah luntur.

4. Gunakan label koper lebih dari satu

Banyak wisatawan menyertakan label koper pada setiap pegangan koper atau tas sebagai tindakan pencegahan tambahan jika salah satu menjadi longgar dan hilang.

5. Pilih tanda pengenal berwarna cerah

Pilihlah label koper yang cerah dan memiliki bentuk unik agar mudah mengidentifikasi koper di antara gaya yang serupa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com