Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Konser Disebut Mahal, Menparekraf Kerja Sama dengan Penyelenggara

Kompas.com - 05/06/2024, 15:08 WIB
Krisda Tiofani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, ramai beredar keluhan warganet di media sosial terkait harga tiket konser artis internasional di Indonesia yang mahal.

Terbaru, keluhan ini datang dari kalangan penikmat musik Korea Selatan atau yang dikenal dengan sebutan K-popers

Mereka ramai-ramai menyatakan keberatan atas mahalnya tiket konser Super Junior pada September 2024 mendatang melalui media sosial X (dulu Twitter).

Pasalnya, promotor resmi yang membawa konser Super Junior ke Indonesia, iMe Indonesia, mengumumkan daftar harga tiket konser berkisar Rp 1,6 jutaan hingga Rp 4 jutaan.

Baca juga: 6 Tips Hemat Saat Nonton Konser di Luar Negeri, Siapkan Bujet Darurat

"Please evaluate again for a reasonable price!!!! (tolong evaluasi lagi untuk harga yang lebih wajar)" tulis akun @cheongdamdrum di kolom kutipan unggahan @ime_indonesia pada Kamis (30/5/2024) lalu.

Keluhan lainnya datang dari akun X @HeeroHee. Ia juga menandai akun resmi Super Junior @SJofficial.

"The pricelists is unacceptable, beyond our general minimum wage. Please reconsider it, also the venue is not worth it all section, especially the tribune area. Please help us," tulisnya.

(Harga tiketnya tidak bisa diterima, melebihi upah minimum kami. Mohon dipertimbangkan dan juga tempat konser tersebut tidak layak untuk dilihat dari semua bagian, terutama area tribun. Tolong bantu kami).

Ungkapan tersebut hanya sedikit dari ribuan komentar yang disampaikan oleh Elf, penggemar Super Junior. Bahkan, sebagian lainnya sudah menandai akun X resmi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno @sandiuno.

Baca juga:

Akan kerja sama dengan penyelenggara konser

TRAVEL - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat ditemui media usai program The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (3/6/2024).Kompas.com/Krisda Tiofani TRAVEL - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat ditemui media usai program The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Menparekraf menanggapi keluhan mahalnya harga tiket konser artis internasional yang tidak sebanding dengan pemilihan tempat konser.

"Kita tidak boleh mengungkapkan statement itu tanpa berbasis data. Data menunjukkan bahwa konser kita konsisten menghadirkan energi yang tinggi," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, Senin (3/6/2024).

Menurutnya, kualitas konser di Indonesia terus meningkat karena partisipasi dari penonton yang semangat.

Sandiaga juga menyoroti pentingnya menjaga standar harga tiket konser internasional agar tetap bersaing.

"Karena banyak wisatawan mancanegara (wisman) yang ke sini (untuk nonton konser)," kata Menparekraf.

"Kami akan bekerja sama dengan para penyelenggara konser agar tidak terbangun narasi bahwa harga tiket konser di sini mahal," tambah dia.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com