Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tempat Konser Unik dan Populer Selain Stadion

Kompas.com - 26/11/2023, 06:11 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Stadion adalah salah satu tempat paling umum untuk dijadikan venue atau lokasi penyelenggaraan konser musik.

Tapi, nyatanya venue konser tidak hanya stadion. Beberapa venue justru merupakan destinasi yang menyimpan daya tarik tersendiri sehingga kerap didatangi wisatawan.

Baca juga: 6 Tips Nonton Konser Musik, Datang Lebih Awal

Berikut sejumlah venue konser populer dan unik di berbagai daerah di Indonesia, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Mana yang pernah atau sering kamu kunjungi?

Venue konser populer dan unik selain stadion

1. JIEXPO Kemayoran

Grup musik Slank menjadu salah satu dari 174 penampil di Festival Musik Pestapora. Ia manggung di Pestapora Stage pada Jumat (23/9/2022). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Grup musik Slank menjadu salah satu dari 174 penampil di Festival Musik Pestapora. Ia manggung di Pestapora Stage pada Jumat (23/9/2022).

Selain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta International Expo (JIEXPO) di Kemayoran Jakarta Utara juga menjadi salah satu venue konser musik populer di Jakarta.

Sebut saja beberapa gelaran musik populer seperti Java Jazz Festival, Synchronize Fest, dan Pestapora langganan digelar di sini.

Gelaran besar tahunan seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ) juga digelar di JIEXPO.

Baca juga: Itinerary Seharian di PRJ, Bisa Apa Saja?

JIEXPO dapat menampung 5.000 hingga 12.000 penonton. Tempat ini juga dekat dengan sejumlah atraksi, seperti Taman Impian Jaya Ancol, kawasan Senen, dan Kota Tua.

2. Ecopark Ancol

Iwan Fals beraksi dalam konser Iwan Fals & Band Aku Cinta di Ecopark Ancol,Jakarta Utara, Sabtu (30/3/2019).KOMPAS.com/IRA GITA Iwan Fals beraksi dalam konser Iwan Fals & Band Aku Cinta di Ecopark Ancol,Jakarta Utara, Sabtu (30/3/2019).

Ancol juga menjadi venue konser musik langganan.

Ada beberapa venue yang kerap digunakan, salah satunya Ecopark Ancol.

Ecopark Ancol merupakan ruang terbuka hijau yang menggabungkan konsep wisata edukasi dan green-lifestyle.

Lokasi Ecopark Ancol sangat dekat dari Halte Transjakarta Ancol dan Dunia Fantasi, sehingga cocok bagi pengunjung yang menggunakan transportasi umum.

Baca juga: Wisata ke Ancol: Lokasi dan Jam Buka

Salah satu event festival musik yang akan diselenggarakan di Ecopark Ancol adalah The Sound Project Vol.6: Heaven of Music yang akan digelar pada 11-13 Agustus 2023.

3. Garuda Wisnu Kencana

Ribuan penonton memasuki area Soundrenaline 2019 di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Sabtu (7/9/2019).KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA Ribuan penonton memasuki area Soundrenaline 2019 di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Sabtu (7/9/2019).

Garuda Wisnu Kencana (GWK) juga kerap dijadikan venue konser dan berbagai acara MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions Internasional).

Kawasan patung budaya ini menjadi venue festival EDM terbesar di Asia Tenggara, yaitu Djakarta Warehouse Project (DWP) dan Soundrenaline.

Baca juga: Itinerary Wisata Sehari di Sekitar Kawasan GWK Bali, Ada Tanjung Benoa

GWK juga pernah dipakai untuk Gala Dinner pemimpin-pemimpin dunia saat KTT G20 pada November 2022 lalu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com