Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan Ini, Lihat Karnaval Batik di Solo

Kompas.com - 29/06/2012, 22:51 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

SOLO, KOMPAS.com – Akhir pekan ini, sempatkan diri Anda untuk mampir ke kota Solo. Sebab, sebuah karnaval akan memeriahkan Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah.

Ya, Solo Batik Carnival akan berlangsung pada Sabtu (30/6/2012). Tahun ini, Solo Batik Carnival sudah masuk kali kelima dengan tema Metamorfosa.

“Tema ini maksudnya menggambarkan perjalanan kain batik yang berangkat mulai dari benang, pewarnaan, sampai menjadi kain batik. Ini tergambar dari karya-karya peserta karnival. Ada yang pakai batik masih digambar malam, ada yang sudah benar-benar jadi,” tutur Kabid Promosi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Budi Sartono di Solo, Jumat (29/6/2012).

Budi mengungkapkan acara karnival sendiri akan dimulai pada pukul 19.00 WIB bertempat di Stadion Sriwedari. Iring-iringan kirab kemudian berjalan melewati Jalan Slamet Riyadi menuju Balai Kota Surakarta.

Jika tertarik melihat tarian partisipan Solo Batik Carnival di Stadion Sriwedari, pengunjung dapat membeli tiket masuk mulai dari Rp 25.000, Rp 75.000, dan Rp 200.000. Namun, Anda bebas menonton tanpa membayar tiket di sepanjang Jalan Slamet Riyadi.

“Tiket untuk menonton di stadion bisa dibeli langsung di venue (Stadion Sriwedari). Kalau yang Rp 200.000 sudah termasuk dinner (makan malam), suvenir, dan kaus. Kalau Rp 75.000 dapat kaus, Rp 25.000 hanya nonton saja,” jelasnya.

Ia menambahkan perbedaan antara menonton di stadion dengan di jalan hanya berbeda di kenyamanan saja. Di stadion, lanjutnya, semua peserta akan berkumpul untuk menampilkan sebuah pertunjukan tari.

“Di jalan juga sama, tapi sifatnya karnival. Di stadion, mereka tampil selama satu jam,” ungkap Budi.

Mengenai animo wisatawan yang datang ke Solo untuk melihat Solo Batik Carnival, Budi mengaku hotel-hotel di Solo banyak yang sudah penuh.

“Bisa cek, hotel-hotel penuh. Sebagian besar yang datang untuk melilhat karnaval,” jelasnya.

Walaupun Budi mengakui penjualan tiket untuk penampilan di stadion belum maksimal. Ia memperkirakan tiket baru terjual sekitar 50 persen.

“Tapi itu bukan tujuan kami utama. Penampilan di stadion itu untuk orang yang mau menonton secara nyaman saja,” kata Budi.

Akses dan Akomodasi

Perjalanan menuju Solo sangat mudah, yaitu bisa melalui jalur udara dengan adanya Bandara Adi Sumarmo. Atau, di kawasan Pulau Jawa, perjalanan bisa ditempuh jalur darat via bus antar provinsi maupun kereta melalui Stasiun Solo Balapan.

Maskapai penerbangan yang menyediakan rute menuju Solo antara lain Garuda, Sriwijaya, Lion Air, Batavia Air, Air Asia (Kuala Lumpur-Solo), dan Silk Air (Singapura-Solo). Penerbangan tersedia setiap hari.

Sementara untuk penginapan, agar memudahkan untuk melihat Solo Batik Carnival, wisatawan bisa pilih penginapan di seputar Jalan Slamet Riyadi. Di jalan tersebut tersedia penginapan mulai dari kelas melati hingga berbintang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com