Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelesiran Dalam Negeri Masih Jadi Pilihan Turis Domestik

Kompas.com - 03/09/2014, 13:02 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) periode Januari hingga Juli 2014 berbanding lurus dengan kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) yang masih setia melakukan perjalanan di Indonesia.

"Untuk semester 1 di tahun 2014 ini, angka perjalanan sudah mencapai 107 juta dengan total pengeluaran mencapai Rp 76,16 triliun," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, di Jakarta, Senin (1/9/2014).

Data dari BPS dan Pusdatin Kemenparekraf tersebut membuat Mari yakin bahwa target perjalanan wisnus di akhir 2014 akan tercapai. "Dengan capaian tersebut, saya kira target sebesar 255 juta di akhir 2014 dapat tercapai," ungkapnya.

Ia optimis karena pada semester kedua biasanya angka perjalanan wisnus dipastikan meningkat. "Semester kedua itu waktunya orang-orang pergi liburan di akhir tahun, mereka banyak melakukan perjalanan wisata. Belum lagi adanya pagelaran event daerah baik yang berskala nasional maupun internasional yang dikemas dalam paket wisata," tambahnya.

Senada dengan Mari, Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) Yanti Sukamdani menambahkan bahwa paket wisata yang beragam dapat menjadi pilihan wisnus karena menawarkan pengalaman perjalanan yang unik.

"Paket wisata yang ditawarkan travel agent sudah banyak sekali, bahkan belakangan ada paket wisata menarik yaitu paket wisata blusukan," ujar Yanti dengan tawa.

Paket-paket wisata itu lah yang kemudian menjadi pilihan perjalanan yang dapat menjadi daya tarik wisnus. Selain itu, upaya promosi langsung di pasar-pasar utama juga akan dilakukan termasuk kerjasama dengan maskapai penerbangan untuk meningkatkan kunjungan wisnus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com