Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi "Nyemplung" di Danau Es

Kompas.com - 22/07/2015, 14:54 WIB
BAGI orang Finlandia, sauna bukan sekadar cara untuk mencari kehangatan pada musim dingin. Sauna adalah gaya hidup. Setiap rumah di negeri di utara "Benua Biru" itu memiliki tempat sauna. Urusan pribadi hingga urusan negara bisa dibicarakan sambil bersaunaria.

Kami mencicipi sauna ketika singgah di sebuah vila mungil nan cantik bernama Villa Paratiisi. Paratiisi berarti 'surga'. Vila di tepi Danau Poikkipuoliainen ini berada di kawasan Taman Nasional Nuuksio. Vila berjarak 10 kilometer dari Haltia The Finnish Nature Center. Namun, karena tidak ada jalan langsung, kami harus memutar dan menempuh jarak 50 km dari Haltia.

Sementara Haltia berjarak sekitar satu jam perjalanan bermobil dari Helsinki. Menurut Direktur Haltia Tom Selänniemi, Haltia merupakan jendela untuk melihat alam asli Finlandia. Haltia juga menjadi contoh bangunan publik yang berkelanjutan. Diharapkan, dengan mengunjungi Haltia, pengunjung terdorong untuk terjun ke alam sebenarnya.

"Konsep berkelanjutan terlihat dari bangunan yang seluruhnya terbuat dari kayu. Tidak ada besi baja. Begitu pula semen, kecuali pada fondasi. Kayu yang digunakan adalah blok yang terdiri atas lapisan kayu timber dan spruce atau pohon natal yang digabungkan dengan lem. Struktur bangunan disusun dari blok-blok kayu ini seperti kita menyusun lego," katanya.

KOMPAS/SRI REJEKI Menyalakan kompor sauna berbahan bakar kayu di Finlandia.
Dengan material ini, bangunan bisa menyimpan panas dan kelembaban udara dan menggunakannya sesuai kebutuhan. Demikian pula dengan listrik. Panas yang ditangkap dari sinar matahari disalurkan ke bebatuan di dalam bumi dan diolah menjadi listrik. Sebagian besar energi dipenuhi sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com