Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bung Karno Lahir Di Sini

Kompas.com - 20/08/2015, 12:17 WIB
PADA 6 Juni 2011, sebuah rumah di Jalan Peneleh, Surabaya, dinyatakan oleh Pemerintah Kota Surabaya sebagai rumah tempat lahir Bung Karno. Kini warga menamakan kampung di Peneleh itu sebagai ”Kampung Bung Karno”.

Rumah itu berada di Jalan Peneleh, Gang IV, atau biasa disebut juga Gang Pandean, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Warga sekitar rumah itu memasang umbul-umbul di gerbang masuk gang. Mereka menghiasi tembok di mulut gang dengan grafiti bertema perjuangan. Ada slogan perjuangan revolusi, adegan pemuda menghunus bambu runcing.

Rumah itu ”ditemukan” sebagai hasil penelitian. Sudah sulit mendapat narasumber saksi langsung keberadaan Soekarno dan orangtuanya waktu itu. Penelitian oleh Nurinwa Ki S Hendrowinoto, peneliti sejarah LIPI, yang menjadi sumber utama pencarian rumah ini, dilaksanakan melalui berbagai studi pustaka atas dokumen dan berbagai penelitian sarjana terhadap masa hidup Soekarno. Nurinwa mendapati informasi bahwa Soekarno lahir di Surabaya, bukan Blitar.

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Plakat Cagar Budaya rumah kelahiran Bung Karno di Jalan Peneleh Gang IV, atau biasa disebut Gang Pandean, Nomor 40, Surabaya, Rabu (12/8/2015).
Lokasi rumah ini berjarak tak sampai satu kilometer dari Tugu Pahlawan, 10 November 1945. Persis di samping rumah No 40 (tempat lahir Soekarno) adalah rumah warga asal Bali.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com