Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalender Liburan 2016! Tips Ambil Cuti agar Dapat "Long Weekend"

Kompas.com - 19/01/2016, 10:00 WIB
KOMPAS.com — Ada 19 hari libur pada tahun 2016. Angka ini sudah termasuk libur nasional dan cuti bersama. Jika dirinci, maka terdapat 15 hari libur nasional dan 4 hari cuti bersama.

Baca: "Catat! Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2016"

Memaksimalkan jatah liburan bisa diakali dengan cuti tambahan. Pada tanggal berapa sebaiknya kita mengambil cuti agar hari libur menjadi lebih panjang? Berikut jadwal yang bisa diklik di infografis di bawah ini. Di dalamnya terdapat rekomendasi destinasi wisata yang patut dikunjungi saat hari libur tiba.

Stephanie Tanata/Lilyana Tjoeng Infografis - Kalender Liburan 2016

Namun, sebagai informasi, empat hari di antaranya jatuh pada hari Minggu. Selain itu, bisa dibilang, tidak banyak long weekend pada tahun ini. Sebab, hanya ada satu "harpitnas" alias "hari kejepit nasional" atau libur pada hari Kamis (tidak termasuk Idul Fitri).

Libur pada hari Kamis memungkinkan karyawan mengambil cuti satu hari saja pada hari Jumat sehingga bisa mendapatkan long weekend. Sementara itu, hanya ada dua libur nasional yang jatuh pada hari Jumat (tidak termasuk cuti bersama Idul Fitri).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com