Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu ke Amerika, Cicipi Kuliner Khas Hawaii di Jakarta

Kompas.com - 24/03/2016, 19:02 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pulau tropis dengan pantainya yang menawan, Hawaii memang menyuguhkan wisata kelas dunia. Namun tak hanya pantainya, Hawaii juga memiliki cita rasa kuliner yang khas.

Tenang saja, tak perlu jauh-jauh untuk menikmati kuliner Hawaii, Anda bisa mencicipinya di Indonesia. Berada di Jalan Gandaria I Nomor 67 Kebayoran Baru, berdiri restoran yang menyuguhkan suasana dan hidangan bertemakan Hawaii.

Restoan ini bernama No Ka Oi. Lokasinya hanya 15 menit dari Gandaria City ke arah Jalan Gandaria I, dari ujung jalan sekitar 200 meter. Nantinya pengunjung akan melihat warna-warna mencolok lukisan khas budaya Hawaii.

Beragam lukisan ceria, pohon palem, dan nanas terpampang seolah-olah tengah menyapa pengunjung agar masuk ke dalam. Musik-musik ceria ala tarian hula-hula pun terdengar ketika Anda masuk.

Terdapat ruangan unik di belakang restoran, lantainya dipenuhi pasir pantai dengan ornamen-ornamen kelapa, layang-layang, dan lukisan-lukisan Hawaii di bagian temboknya. Klaudia Mariska dan Christian Hakim, kedua pemiliknya, memang ingin menawarkan suasana Hawaii seotentik mungkin.

“Hawaii itu kan identik tempat liburan, penghilang penat, nah kita juga mau restoran ini bukan hanya sekedar tempat makan, tapi tempat orang melepas penat dengan makan dan bersantai seperti di Hawaii,” ujar Klaudia, kepada KompasTravel saat dikunjungi, Rabu (23/3/2016).

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Dekorasi resto No Ka Oi yang cerah dan playfull diiringi musik santai akan membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.
Untuk hidangannya, di tempat ini menyediakan makanan terinspirasi dari Hawaii seperti Loco Moco, Musubi, dan Salmon Manggo Salsa. Selain itu No Ka Oi juga memodifikasi berbagai hidangan tersebut dengan sentuhan-sentuhan Asia dan Indonesia. Sebaliknya juga, banyak hidangan Indonesia yang dimodifikasi dengan sentuhan ala Hawaii, mulai dari bumbu, saus hingga isiannya.

Untuk menutupi rasa penasaran, KompasTravel memesan beberapa hidangan unggulannya, ada Musubi, Lemongrass Chicken, Hawkers Toast, dan Iceberg. Musubi yang merupakan makanan camilan di Hawaii yang disajikan sebagai hidangan utama dengan tambahan telur dan hash brown dari kentang, serta saus jagung homemade. Telurnya yang lembut dan lumer di daging kalkun.

Bagi yang suka pedas, pengunjung bisa mencoba Lemongrass Chicken dengan balutan saus khas kombinasi pedas dengan nanas ala Hawaii. Sebelum ayamnya ternyata sudah diberi bumbu pedas, sehingga berwarna merah hingga di dalamnya. Namun jangan khawatir, pengunjung dapat memesan sesuai level kepedasan yang bervariasi.

Hawkers Toast sendiri merupakan roti sobek tradisional, yang diolah dengan gula palem dan disajikan bersama es krim kelapa. Anda dapat mengoleskan es krim kelapa ke dalam potongan roti bakar yang lembut atau mencelupkan rotinya ke es krim. Hidangan ini memberikan sensasi manis nan segar.

Klaudia mengatakan, untuk menjangkau pasar anak muda dan keluarga baru, pihaknya menyiapkan beragam menu modifikasi masakan tradisional Indonesia dan Asia yang diolah dengan cita rasa Hawai. Seperti Crying Iga Bakar dengan bumbu empal dan saus Thailand, burger dengan daging empal, aneka pisang goreng olahan dan kelapa olahan.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Berlantaikan pasir pantai, seolah-olah pengunjung resto ini benar-benar di Hawai.
Hawaii berada di Samudra Pasifik, dekat dengan China dan mayoritas dikunjungi bangsa Mongoloid seperti Jepang, Hongkong. Akibatnya kuliner di sana banyak bercampur dengan hidangan Asia.

Oleh karena itu pemilik kedai memilih koki dengan basic makanan Asia dan dikombinasikan dengan ilmu masakan Hawaii miliknya. Semua hidangannya dibuat di resto sendiri, atau home made.

No Ka Oi buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 22.00 WIB. Dekorasi restoran yang cerah dan playfull diiringi musik santai akan membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com