Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manatika, Taekwondo Tradisional Asal Timor Tengah Utara

Manatika adalah kesenian adu tendangan yang dilakukan oleh dua orang laki-laki dewasa dengan posisi saling membelakangi.

Atraksi Manatika ditampilkan dalam kegiatan Festival budaya dalam rangka perayaan HUT ke-95 Kota Kefamenanu.

(BACA: Festival Budaya Digelar di NTT, Bidik Turis Timor Leste)

Manatika adalah suatu olahraga tradisional Atoni Meto di TTU. Sepintas Manatika menyerupai olahraga taekwondo, tetapi bedanya, Manatika hanya menggunakan kaki saja.

Dari aspek waktu Manatika biasanya dilakukan saat pengusungan jenazah ke makam atau bagi kalangan muda Manatika digelar pada saat tertentu untuk menguji ketangkasan adu otot.

(BACA: Indahnya Pemandangan Gunung dan Pantai Selatan Pulau Timor)

"Manatika sebagai olah raga tradisional yang mengandalkan ketangkasan dan kekuatan kaki (mirip taekwondo) biasa dilakukan pada saat setelah pemakaman jenazah tokoh tertentu dan juga dilakukan pula setelah panen," sambungnya.

Menurut Yohanes, seni beladiri tradisional ini unik, karena hanya ada di beberapa kecamatan di TTU dan Ambeno, Timor Leste.

(BACA: Mau Nonton Lomba Pacuan Kuda di Pinggir Pantai? Kunjungi Pulau Timor)

Saat ini, tidak banyak orang muda yang masih menggeluti olahraga tersebut. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk merangsang kaum muda guna turut melestarikan seni budaya warisan leluhurnya.

"Kegiatan Manatika ini sudah lima tahun berturut-turut digelar. Kegiatan ini sangat menghibur warga TTU dan pada saat pertandingan penonton membeludak sehingga kita berharap kegiatan ini terus digelar setiap tahunnya," kata Yohanes.

https://travel.kompas.com/read/2017/09/20/061000727/manatika-taekwondo-tradisional-asal-timor-tengah-utara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke