Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Kuliner dan Belanja Daya Tarik Wisman Berlibur ke Indonesia

Hal itu diungkapkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana di sela-sela acara "Workshop Strategi Pemasaran Wisata Kuliner dan Belanja dalam Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara".

(BACA: Cita Rasa Kuliner Lokal, Daya Tarik Wisatawan Mancanegara)

"Wisata belanja dan kuliner bisa jadi primary (alasan utama). Batam contohnya. Sekarang coba tanya kenapa Bandung ramai? Orang bukan cari destinasi, orang cari outlet. Shopping itu temannya makan," kata Pitana.

Pitana menyebut alasan wisatawan mancanegara berwisata terbagi tiga yaitu primary motivation, secondary motivation, dan pra-syarat.

(BACA: 4 Legenda Kuliner di Pasar Gede Solo)

"Data yang saya punya kualitatif dan observasi. Kuliner dan belanja itu bisa jadi primary motivation untuk daerah tertentu. Kuliner dan shopping itu bagian dari perjalanan wisata. Kuliner bisa jadi bagian penting dari cenderamata. Kuliner itu bukan hanya mendatangkan kepala tapi bisa memperbesar spending-nya," ujar Pitana.

(BACA: Kicikan, Kuliner Khas Gunungkidul yang Memiliki Banyak Penggemar)

Ia menekankan destinasi wisata kuliner dan belanja tak terbatas di Batam dan Bandung. Menurutnya, semua wisatawan mancanegara membutuhkan wisata kuliner.

Selama mereka berlibur di Bali misalnya, lanjut Pitana, pengeluaran rata-rata sekitar 300-400 dollar AS per orang antara lain untuk biaya menginap (akomodasi), makan, paket tur, dan belanja buah tangan atau cenderamata.

Workshop "Strategi Pemasaran Wisata Kuliner dan Belanja untuk Wisatawan Mancenegara" di Hotel Santika Premiere Jakarta. Penyelenggaraan workshop yang berlangsung dua hari mulai, Selasa (19/9/2017) hingga Rabu (20/9/2017).

Selain itu, kegiatan juga ditujukan untuk berbagi pengetahuan tentang needs and wants berbagai segmen pasar wisata kuliner dan belanja mancanegara; berbagi informasi dan pengetahuan tentang upaya pemasaran bagi berbagai bentuk wisata kuliner dan belanja.

https://travel.kompas.com/read/2017/09/20/091100627/wisata-kuliner-dan-belanja-daya-tarik-wisman-berlibur-ke-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke