Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 4 Sate Termasyhur di Jakarta, Penasaran Kan?

Sajian daging yang dipotong dan ditusuk kemudian dilumuri saos lantas menjadi hidangan yang digemari banyak kalangan. Lengkap dengan lontong sebagai pendampingnya, hidangan sate cocok untuk mengisi perut Anda di malam hari.

(BACA: Sate Kere Langganan Jokowi, Sudah Pernah Icip?)

Namun bagi Anda yang bingung tempat yang tepat untuk menyantap sate, berikut KompasTravel himpun 4 gerai sate Ibu Kota yang wajib Anda cicipi :

1. Sate Taichan Bang Ochit Senayan

Siapa yang tak kenal sate taichan. Hampir semua orang di Ibu Kota sudah tak asing dengan sate taichan. Sate ayam yang dilumuri kuah cabai dan perasan jeruk nipis sudah menjadi makanan yang digemari semua kalangan.

(BACA: Bingung Mencari Aneka Sate Enak di Bandung? Ini Tempatnya...)

Sate Taichan Bang Ochit. Jika mampir ke daerah Senayan tentu sate taichan yang satu ini sudah dipenuhi dengan antrean pengunjung. Bahkan sebelum gerainya dibuka.

Bang Ochit adalah satu dari sekian pedagang sate taichan yang bisa Anda jadikan pilihan karena kualitas daging yang dipakai sungguh sangat baik.

(BACA: Sate Bekicot Dilumuri Bumbu Kacang Bikin Ketagihan)

Bahkan Bang Ochit sendiri dipercaya sebagai pemain pertama sate taichan di kawasan Senayan. Untuk menikmati sate taichan, Anda bisa mampir ke jalan Asia Afrika di kawasan senayan di malam hari.

2. Sate Padang Ajo Ramon

Sate Padang Ajo Ramon, sate padang yang satu ini namanya sudah luar biasa harum, seharum aroma bumbunya yang salalu membuat Anda lapar.

Daging dan ususnya ternyata tak kalah nikmat, daging memang lebih berserat dibanding lidah, namun potongannya yang pas tidak kecil dan tidak besar akan membuat Anda terus ingin melahapnya. Bumbunya yang tidak pelit membuat sate yang satu ini siap meluber di piring Anda.

Untuk mendapatkannya Anda bisa berkunjung ke pusatnya persis di pelataran Pasar Santa, Jalan Cipaku 1, Kebayoran Lama.

Khusus di Pasar Santa buka mulai pukul 16.00 hingga 24.00 WIB. Selain itu buka mulai pukul 12.00 dan ada juga yang mengikuti jam operasional mal. Untuk satu porsi sate padang seharga Rp 25.000, berisi ketupat dan 10 tusuk sate.

3. Sate Kambing Sabang

Kedai ini sebenarnya memiliki nama Sate Lamongan Jaya Agung, namun lebih dikenal dengan sebutan Sate Sabang. Kedai ini ternyata cukup legendaris di Menteng, bahkan di Jakarta. Kedai ini berdiri sejak 1963, yang diawali dengan gerai soto lamongan.

Sate di sini terkenal dengan potongan daging kambingnya begitu besar dan empuk, berukuran sekitar 2-3 sentimeter.

Dalam satu tusuk terdapat empat potong, tiga daging dan satu lemak di tengah-tengahnya. Bumbu kacangnya berwarna coklat kehitaman, pekat akibat campuran bumbu dan kecap.

Kedai ini terkenal dengan sebutan Sate Sabang, karena bertempat di perempatan antara Jalan Sabang dengan Jalan Wahid Hasyim. Setiap hari, kedai ini buka mulai pukul 08.00-24.00 WIB.

Harga satu porsi sate kambing berisi 10 tusuk Rp 57.000, jika Anda ingin tanpa menggunakan lemak Rp 58.000. Sedangkan hidangan berkuah seperti gule dan soto lamongan Rp 27.000. Bagi yang tak suka kambing, tersedia juga sate ayam Rp 35.000 yang tak kalah menggoda.

4.Sate Apjay

Sate yang satu ini sudah tidak asing di kalangan penikmat sate. Sate yang berlokasi di Panglima Polim menghadirkan sajian sate yang khas dan nikmat.

Selain itu, Sate Apjay juga menggunakan minyak hasil sulingan kacang dan jeruk nipis untuk aroma wangi khas satenya.

Ketika disantap, teksturnya tidak alot namun sangat padat atau seperti berisi. Kenikmatan menyantap sate tanpa lemak memang terasa padat, dan gurihnya dapat langsung dari bumbu kacang. Tak lupa, lontong menjadi pelengkap santapa sate ini.

Kedai dengan tenda dan gerobak besar tersebut mulai buka pukul 17.00 hingga pembelinya sepi, yaitu sekitar pukul 01.00-02.00 dini hari. Untuk satu porsi sate dijual seharga Rp 24.000 jika menggunakan lontong Anda tinggal menambah Rp 4.000.

https://travel.kompas.com/read/2017/10/21/132800227/ini-4-sate-termasyhur-di-jakarta-penasaran-kan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke