Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisatawan ke Danau Toba melalui Bandara Silangit Naik Empat Kali Lipat

“Ada berita bagusnya, wisnus dari jumlah (penerbangan) domestik yang ada di sini (Bandara Silangit) naik empat kali lipat. Di semester satu tahun 2016, jumlah domestik (wisnus) ada 30 ribu, di semester satu tahun 2017 angka berubah menjadi 120 ribu,” ujar Arief di Bandara Silangit, Sumatera Utara, Sabtu (28/10/2017).

Ia mengatakan dari angka tersebut membuktikan bahwa sudah bisa menggaet wisnus dan tidak menutup kemungkinan bisa mencapai target mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman).

Adapun di tahun 2017, ditargetkan ada 300 ribu wisatawan yang datang ke Danau Toba. Namun hingga saat ini, sudah mencapai 250 ribu wisatawan yang datang.

Danau Toba, kata Arief, merupakan salah satu destinasi prioritas kelas dunia. Pada tahun 2019, Kementerian Pariwisata menargetkan dapat mendatangkan satu juta wisman dan 10 juta wisnus.

Kendati demikian, Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Memiliki lebar 30 kilometer, panjang 100 kilometer, dan kedalaman sekitar 500 meter.

“Jadi ada aksesibilitas, seperti bandara internasional dan jalan tol dari Kualanamu. Kemudian akomodasi. Lalu juga homestay. Kita sudah sarankan masyarakat Danau Toba untuk membuat homestay,” kata dia.

Arief menambahkan, Kementdrian Pariwisata telah membuat homestay percontohan di Desa Sigapiton yang dapat ditiru oleh masyarakat.

https://travel.kompas.com/read/2017/10/29/165755827/wisatawan-ke-danau-toba-melalui-bandara-silangit-naik-empat-kali-lipat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke