Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bandara Terbaik Tahun 2017 di Indonesia Adalah...

Ketua Penyelenggara Bandara Award 2017, Erwin Aminudin mengatakan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta terpilih dari hasil survei penumpang karena dinilai memenuhi aspek-aspek penilaian yang diajukan. Menurutnya, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta memiliki fasilitas-fasilitas  dan pelayanan yang mendukung kebutuhan penumpang.

“Saya kira itu karena Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta adalah bandara baru, AC dingin, fasilitas lengkap, toilet bersih. Dirasa nyaman. Itu penumpang kasih nilai tinggi,” kata Erwin seusai acara Bandara Award 2017 di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Peserta Bandara Award 2017 sendiri dibagi tiga klasifikasi bandara berdasarkan unit pengelola. Adapun bandara-bandara yang ikut ajang penghargaan ini adalah bandara di bawah pengelolaan PT. Angkasa Pura 1, PT. Angkasa Pura 2, dan Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Kelas 1 hingga Kelas 3.

Adapun metode penilaian berupa pemeringkatan survei kepuasan penumpang pesawat di terminal bandara dan kunjungan serta panel dewan juri. Survei dilakukan kepada 16.000 penumpang pesawat yang tersebar di 106 bandara.

Terdapat 20 aspek penilaian meliputi pilihan transportasi umum di bandara, pusat informasi/pemandu penumpang, rambu-rambu petunjuk, monitor informasi penerbangan, panggilan penerbangan, antrean check in, kecepatan pemeriksaaan keamanan, pemeriksaaan imigrasi, kecepatan bagasi, sikap petugas keamanan, kebersihan terminal, kesejukan AC di ruang tunggu, ketersediaan tempat duduk, kebersihan toilet, dan aturan/ruang merokok.

Penilaian lainnya berdasarkan fasilitas ATM/Money Changer, Wi-Fi dan fasilitas internet, fasilitas hiburan dan bersantai, pilihan restoran/kafe dan pertokoan, musala (untuk muslim), peningkatan kecepatan pelayanan, kebersihan, fasilitas/gedung terminal, kepuasan umum, dan rekomendasi.

Juri-juri dalam Bandara Award 2017 ini adalah Herry Bakti S. Gumay selaku Ketua Dewan Juri, Bintang Hidayat, Tengku Burhanudin, Dudi Sudibyo, Ninok Leksono, Olivia Zalianti, Erwin Nurdin, dan Otong Rukmana.

Selain itu ada juri kehormatan Bandara Awards 2017 adalah Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso dan Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Reko Esthy Astuti.

Bandara Award sendiri adalah acara penghargaan kepada para pengelola bandara di Indonesia yang telah bekerja keras dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna bandara khususnya penumpang pesawat udara di bandara. Penyelenggaraan acara Bandara Award telah memasuki tahun kesembilan.

Berikut daftar 10 bandara terbaik di Indonesia versi Majalah Bandara.

1. Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang

2. Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali

3. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan

4. Bandara Sultan Thaha, Jambi

5. Bandara Supadio, Kalimantan Barat

6. Bandara Sultan Hasanuddin, Sulawesi Selatan

7. Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur

8. Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur

9. Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat

10. Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara

 

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/15/163500827/bandara-terbaik-tahun-2017-di-indonesia-adalah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke