Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ayam Sambal Ijo ala Texas Chicken dengan Rasa Tak Terduga

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerai makanan cepat saji di Indonesia berlomba-lomba mengeluarkan hidangan inovasi dengan sentuhan Nusantara. Tak ketinggalan gerai ayam goreng asal Amerika Serikat, Texas Chicken. Gerai fast food ini menghadirkan hidangan Texas Chicken Sambal Ijo.

"Iya ini baru (diluncurkan) tanggal 13 November kemarin menunya," kata pramusaji yang ditemui KompasTravel di salah satu gerai Texas Chicken di Jakarta, Sabtu (18/11/2017).

Texas Chicken Sambal Ijo merupakan paket makanan yang terdiri dari satu potong bagian ayam, nasi, minuman soda, dan sambal hijau.

Hal yang unik dalam penyajiannya, Texas Chicken Sambal Ijo dilengkapi lalapan dua iris timun, seiris tomat, dan selembar daun selada. Tentunya selain jadi lalap, sayuran tersebut menjadi penghias piring.

Dari pengamatan KompasTravel, sambel hijau yang disajikan diambil langsung dari panci besar dan kemudian dituang di dalam mangkuk es krim ukuran satu scoop. Sambal tersebut memang benar segar dan porsinya royal.

Awalnya KompasTravel sempat ragu akan tingkat kepedasan sambal hijau. Mengingat kebanyakan saus sambal di gerai cepat saji kemungkinan besar tidak pedas.

Namun keraguan tersebut justru sirna ketika mencicipi sambel hijau dari Texas Chicken ini. Rasanya benar-benar pedas! Jadi ada baiknya jika yang tidak terlalu suka makan pedas, jangan menyiramkan sambal ke atas ayam.

Sambel hijau tersebut memiliki tektur cabai yang sudah dihaluskan dan bercampur minyak, dengan sensasi khas sambal ijo yang terkenal dari Sumatera Barat yakni pedas, asin, dan pahit.

Rasa sambal tersebut sangat cocok dipadukan dengan nasi putih hangat dan sepotong ayam goreng berkulit garing.

"Ini berhasil, bisa jadi ayam sambal ijo ini jadi titik kebangkitan Texas (Chicken)," kata Randy (25), salah satu pengunjung yang memesan Texas Chicken Sambel Ijo.

Harga satu paket Texas Chicken Sambel Ijo IDR 29.090 sebelum pajak, atau Rp 32.000 setelah pajak. Hidangan ini bisa dibeli di gerai-gerai Texas Chicken Indonesia.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/21/180500227/ayam-sambal-ijo-ala-texas-chicken-dengan-rasa-tak-terduga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke