Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kehangatan dalam Perayaan Onde di Glodok

Dekorasi khas China zaman kolonial di bangunan yang berusia hampir 100 tahun ini membuat kami semakin semangat untuk ikut dalam perayaan onde. Perayaan onde ini merupakan inisiasi dari Kelompok Pecinta dan Pemerhati Bangunan Tua Nusantara (Kecapi Batara) dan Pantjoran Tea House.

"Perayaan onde ini akan diawali dengan sembahyang ke Tuhan dan leluhur, adakah di antara peserta yang ingin ikut bersembahyang?" tanya pembawa acara kepada para peserta.

Sembahyang kemudian dilafalkan dalam Bahasa Indonesia. Rapalan doa pertanda rasa syukur dapat berkumpul dan meminta kelancaran acara. Termasuk, persatuan bangsa.

"Sejujurnya saya tidak menyangka peminatnya banyak sekali untuk menghadiri perayaan onde. Tidak menyangka orang-orang masih ingin tahu perayaan onde ini seperti apa," kata Ketua Kecapi Batara, Diyah Wara Restiyati saat membuka acara.

Ia menceritakan perayaan onde ini biasanya jatuh setiap Desember pada tanggal 21 atau 22. Di China, perayaan ini dilakukan pada puncak musim dingin bersama keluarga.

Membuat onde, memakan onde, dan berdoa bersama ini menjadi tradisi orang China selama ratusan tahun. Tradisi ini lantas menyebar, dibawa oleh orang China yang bermigrasi termasuk ke Indonesia, dari ratusan tahun lalu.

"Kebhinekaan, solidaritas di Indonesia khususnya di Jakarta ini sudah terkoyak-koyak sejak adanya Pilkada. Kita adalah bagian dari masyarakat Jakarta," kata Diyah.

Lewat Perayaan Onde ini ia berharap semua orang tanpa peduli latar belakang dapat tetap bersatu, aman, dan, damai. Layaknya filosofi onde yang bulat.

Dalam perayaan tersebut, peserta kemudian disuguhkan onde-onde sembari dijelaskan mengenai asal usul dan arti filosofis onde. Bersamaan dengan menyaksikan kesenian dan pembuatan teh ala China. Bersama-sama berfoto dalam hangatnya kebersamaan di pecinan Jakarta.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/18/221500727/kehangatan-dalam-perayaan-onde-di-glodok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke