Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips agar Kebagian Tiket Kereta Mudik Tahun Ini

PT Kereta Api Indonesia mengumumkan pemesanan tiket mudik untuk momen Lebaran dapat dipesan mulai 1-30 Maret 2018. Adapun, tanggal keberangkatan jadwal kereta pada masa angkutan Lebaran 30 Mei 2018 hingga 28 Juni 2018.

"Menilik pada data pemesanan tiket kereta api di Pegipegi tahun 2017, pemesanan tiket kereta api Lebaran paling favorit adalah pada H-3 dan H-1. Pada periode Lebaran tahun lalu, terlihat adanya kenaikan transaksi pemesanan tiket kereta api di Pegipegi sebanyak 250 persen dibandingkan periode hari biasanya," dikutip dari siaran pers Pegipegi yang diterima KompasTravel, Senin (5/3/2018).

Banyaknya peminat tiket kereta api mudik membuat persaingan untuk membeli tiket kereta semakin ketat. Pegipegi menyarankan bagi konsumen yang ingin mendapat tiket mudik untuk mengisi data diri sebelum membeli tiket dan membeli tiket pada tengah malam. Sebab tiket kereta api diperbarui pukul 00.01 WIB.

"Siapkan koneksi internet yang mumpuni untuk membeli tiket tengah malam. Pastikan juga membeli tiket kereta di OTA karena tahun ini PT KAI tidak membuka vending machine tengah malam," tulis Pegipegi.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah metode pembayaran. Usahakan untuk membayar lewat metode cepat seperti kartu kredit dan internet banking. Sehingga tiket yang sudah dipesan dapat segera dilunaskan dan tidak hangus karena lewat masa pembayaran.

Jika ternyata masih kehabisan tiket kereta api pada menit saat tiket dibuka, jangan menyerah.

"Kami menyarankan cek tiket kembali di satu jam berikutnya (01.00-02.00 WIB) dan pantau terus daftar search tiket kereta api di Pegipegi. Karena bila ada yang cancel atau telat melakukan pembayaran, kursi otomatis akan muncul atau tersedia kembali," kata Deputy CEO Pegipegi Ryan Kartawidjaja.

Alternatif terakhir jika memang tiket kereta api kelas biasa sudah habis, masih ada kereta api kelas prioritas yang dihargai mulai Rp 700.000 - Rp 900.000. Persaingan tiket kereta api kelas prioritas tidak seketat kelas lain karena harga yang cenderung lebih mahal.

Sedangkan Pegipegi mencatat pada periode Lebaran tahun lalu, destinasi kereta api yang paling diminati adalah adalah Yogyakarta,Kutoarjo (Purworejo), dan Semarang. Harga tiket kereta api pada periode Lebaran ke kota-kota tersebut dimulai dari Rp 80.000 hingga Rp 485.000. (*)

https://travel.kompas.com/read/2018/03/05/173200527/tips-agar-kebagian-tiket-kereta-mudik-tahun-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke