Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Curug Gombong, Kesegaran Air Terjun di Kabupaten Batang

Ialah Curug Gombong, air terjun atau curug ini berada di Desa Gombong, Kecamatan Pacalungan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Jaraknya 20 menit dari Jalur Pantura, via Subah.

Curug Gombong memiliki dua air terjun besar, yaitu Curug Lanang (laki-laki) dan Curug Wadon (perempuan).

Curug Lanang berlokasi diatas Curug Wadon. Wisatawan bisa mengunjungi keduanya, tetapi akses ke Curug Wadon lebih rapi dengan tangga dan pegangan besi.

“Curug Gombong ini ikon wisata Pecalungan. Dari dana desa yang ada, kita prioritaskan dulu untuk membangun akses ke Curug Wadon,” kata Doyo Santoso, Ketua Pokdarwis Desa Gombong, kepada KompasTravel, Kamis (3/5/2018).

Untuk menuju Curug Wadon, wisatawan bisa menuruni sekitar 30 anak tangga. Setelah sekitar tiga menit turun, akan terlihat keindahannya terpancar setinggi 18 meter.

Berbeda dengan Curug Wadon, Curug Lanang yang tingginya hanya lima meter, lebih ramah untuk berenang. Anda juga bisa berdiri di bawah guyuran air terjunnya.

Namun, untuk jalan ke Curug Lanang, kondisinya belum diaspal, masih tanah dan bebatuan.

Fasilitas yang ada di Curug Gomong sebagai nama lokasi dari Curug Lanang dan Curug Wadon, cukup komplet. Mulai parkiran, toilet, mushala, dan kios jajanan.

“Ke depan kita akan membenahi akses ke Curug Lanang, dan sedang membuat sentra kuliner di sini,” pungkas Doyo.

Untuk berkunjung ke sini, wisatawan tidak dipungut tiket masuk. Hanya perlu membayar biaya parkir untuk motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

https://travel.kompas.com/read/2018/05/11/170100427/curug-gombong-kesegaran-air-terjun-di-kabupaten-batang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke