Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Pakai Baju Adat Sumsel, 5 Menit Selesai..."

Seperti di kota Palembang, Sumatera Selatan terdapat lokasi di mana wisatawan bisa memakai baju adat setempat sambil berfoto ria.

Jangan Anda berpikir, biasanya tempat seperti ini pasti sempit dan suasana gerah saat berganti baju. Pikiran di benak Anda, pasti ribet deh...

"Sebelum mendirikan Rumah Limas ini, saya survei ke Medan, Padang, Bali untuk melihat rumah-rumah adat di sana. Hasilnya saya dirikan Rumah Limas yang nyaman untuk wisatawan," katanya kepada rombongan Cordela saat mengunjungi Rumah Limas milik Aziz di Palembang, Selasa (8/5/2018).  

Aziz menuturkan, awalnya mendirikan Rumah Limas ini tahun 1991. Rumah Limas banyak didirikan di sepanjang sungai di Sumsel.

Aziz mengaku awalnya mendirikan Rumah Limas untuk tempat kumpul-kumpul keluarga. Dia melihat wisatawan yang datang ke Palembang selalu mencari rumah adat setempat untuk berkunjung.

Saat ada rezeki mulailah Aziz -- yang merupakan anak tertua dari 10 bersaudara ini -- memperluas ruangan yang ada di Rumah Limas. Bangunan terakhir merupakan sebuah aula yang luas yang diperuntukkan untuk acara pernikahan. Letaknya di bagian belakang.

Aziz sudah mempersiapkan tempat resepsi pernikahan adat Sumsel dengan penyewaan pakaiannya.

"Tinggal sewa satu paket sudah termasuk sewa ruangan, katering dan pakaian adat," katanya.

Yang menarik adalah saat memasuki Rumah Limas ini yakni udara sejuk dari AC memenuhi seluruh ruangan. Wisatawan pun merasa nyaman.

"Bayangkan kalau tamu banyak datang dan ruangan tidak ber-AC. Mereka pasti gerah berada di Rumah Limas," katanya.

Rumah Limas ini menyediakan sekitar 120 set pakaian adat dengan 20 warna yang didominasi warna merah. "Warna ini perpaduan China dan Melayu," katanya.

Bagaimana kalau ada wisatawan berbadan besar, apakah tersedia pakaian adat untuk mereka? "Jangan khawatir, kita punya. Ada ukuran 4L, ukuran 5L juga ada. Pakaian adat untuk anak-anak juga ada sebanyak 50 set," katanya sambil tertawa.

"Sewa baju Rp 150.000. Butuh waktu 5 menit untuk mengenakannya. Tamu tak perlu membuka baju. Langsung pasang dan selesai. Tinggal foto-foto," katanya.

KompasTravel pun penasaran. Setelah memilih pakaian yang sesuai ukuran, dengan dibantu staf Rumah Limas, tak sampai 5 menit, pakaian adat Sumsel pun melekat di badan. Benar juga apa yang diucapkan Aziz.

Rencana ke depan, Aziz akan menjadikan Rumah Limas ini sebagai sebuah destinasi wisata di Palembang.

Selain menyewakan pakaian adat, Rumah Limas ini nantinya akan dilengkapi dengan pusat oleh-oleh serta restoran yang menyediakan makanan khas Palembang.

Aziz mengaku mengelola Rumah Limas ini dengan berbekal rasa senang. "Hidup saya sederhana saja, nikmatilah hidup, berpikir positif dan lebih banyak memberi ketimbang meminta," tambahnya.

https://travel.kompas.com/read/2018/05/21/091600927/-pakai-baju-adat-sumsel-5-menit-selesai--

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke