Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kelapa Muda Goreng, Bagaimana Rasanya?

Degan goreng ini bisa dinikmati jika berkunjung ke Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, salah satu wilayah di Banyuwangi yang terkenal penghasil kopi.

Degan adalah sebutan dari kelapa muda yang memiliki rasa manis dan gurih, sehingga cocok dinikmati dengan secangkir kopi yang dominan pahit.

Purwati, salah satu warga Gombeng kepada Kompas.com, Minggu (3/6/2018) mengatakan degan goreng sudah sejak lama menjadi camilan masyarakat Gombeng karena di wilayah mereka banyak pohon kelapa yang tumbuh.

Namun setelah banyak wisatawan yang datang ke Gombeng untuk berwisata petik kopi, dia berinisiatif untuk menyuguhkan degan goreng untuk camilan menemani minum kopi.

Biasanya wisatawan yang datang tak sekadar memetik kopi, tapi juga belajar pengolahan kopi termasuk sangrai kopi serta menumbuk kopi hingga menjadi bubuk kopi.

"Ternyata banyak yang suka dengan degan goreng. Jadi kalau ada wisatawan yang datang kesini, minum kopinya dilengkapi dengan degan goreng. Biasanya kita sajikan langsung di kebun kopi," kata Pur.

Lalu adonan tersebut digoreng di minyak yang panas. Namun khusus wisatawan asing, Purwati tidak menggoreng adonan dengan minyak panas namun dibakar menggunakan cetakan yang terbuat dari teflon.

"Kalau bule kan nggak suka yang berminyak jadi ya dibakar menggunakan teflon. Kalau wisatawan lokal biasanya ya digoreng biasa seperti buat pisang goreng. Tapi bedanya air yang digunakan untuk mengencerkan tepung menggunakan air kelapa muda. Jadi lebih enak," jelas Pur wati.

Tertarik untuk mencicipi seporsi degan goreng dan secangkir kopi? Yuk datang ke desa Gombeng di Banyuwangi!

https://travel.kompas.com/read/2018/06/04/191700327/kelapa-muda-goreng-bagaimana-rasanya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke