Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Domba dan Kambing, Mana yang Paling Enak?

Dari kedua daging tersebut, manakah yang paling enak?

Juru masak resto ala Timur Tengah yang cukup tersohor di Bogor, Zayn, mengatakan kepada KompasTravel bahwa dirinya kerap berhadapan dengan pertanyaan tersebut.

"Dua-duanya sebenarnya sama-sama enak, tergantung selera, sama dimasak jadi apa," tuturnya.

Ternyata antara domba dan kambing punya kecocokan hidangan masing-masing. Berdasarkan tekstur, kambing lebih cocok untuk masakan kering seperti nasi goreng, nasi mandhi, nasi kebuli, iga bakar kambing, dan lainnya.

Sedangkan domba, menurut Zayn, paling nikmat diolah jadi hidangan basah seperti sup kambing, gulai kambing, tongseng, dan lainnya.

Ia membenarkan jika domba lebih berlemak dan memiliki kolesterol lebih tinggi dibanding kambing. Namun itu saat belum dimasak.

Zayn mengatakan jika memasaknya menggunakan minyak banyak dan santan, makan kolesterolnya akan bertambah.

"Daging domba itu karakternya berminyak, mankanya kalau dibuat kaldu mantap, gulai juga minyaknya bisa nambah kekentalan," tuturnya yang sejak remaja terlatih menyembelih kambing sediri di lingkungan keluarga.

"Ada juga yang lebih milih kambing karena lebih padat dagingnya, sama empuknya. Biasanya di resto-resto pakainya kambing, kolesterolnya rendah," ungkapnya.

Bagian yang paling enak

Paha depan menurut pengalaman Zayn memiliki tekstur yang paling lembut dan empuk saat dimasak tanpa perlakuan khusus.

"Paha atas bagian depan itu tidak terlalu jadi tumpuan, tidak kayak kaki belakang ototnya lebih kuat, lebih keras. Saya pernah baca juga hasil penelitian, paha depan paling mudah dicerna, pantas paling disukai Rasul," paparnya.

Mau jalan-jalan gratis ke Jerman bareng 1 (satu) teman kamu? Ikuti kuis kerja sama Kompas.com dengan Scoot lewat kuis JELAJAH BERLIN. Ada 2 (dua) tiket pesawat PP ke Jerman, voucher penginapan, Berlin WelcomeCards, dan masih banyak lagi. Ikuti kuisnya di sini. Selamat mencoba!

https://travel.kompas.com/read/2018/08/24/182200927/domba-dan-kambing-mana-yang-paling-enak-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke