Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Tarsius, Monyet Kecil yang Menggemaskan

Ukuran tarsius memang hanya sekepal tangan orang dewasa, bobotnya pun hanya 12 gram saat ia dewasa.

Namun dengan badannya yang kecil, tarsius dapat melompat dengan mudah ke posisi yang tinggi untuk menangkap mangsanya, yaitu serangga dan kadal.

Hewan yang satu ini juga ternyata romantis, hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya alias monogami. Jika pasangannya mati, maka tarsius tidak akan mencari pasangan pengganti.

Untuk menemuinya, Anda perlu berkelana saat matahari mulai tenggelam. Mamalia yang satu ini aktif di malam hari alias nokturnal.

"Ia nokturnal yang lincahnya di peralihan hari atau crespuscular, kalau mau liat waktu paling tepat sore," ujar Mochamad Indrawan, Peneliti Hewan Langka dan Perubahan Iklim Universitas Indonesia, ditemui KompasTravel di Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Bitung, Sabtu (31/8/2018).

"Jadi jangan kaget ketika bertemunya di malam hari, dengan mata melotot dan leher yang memutar 180 derajat," canda Indrawan.

Di siang hari, tarsius akan diam dan istirahat atau tidur. Lucunya ia tidur dengan menempel di dahan, tidak seperti mamalia lainnya.

Indrawan mengatakan, saat tidur, tarsius bisa memejamkan hanya sebelah matanya. Sementara satu matanya terbuka, walau tidak melihat.

Habitat tarsius berada di hutan primer, tetapi juga bisa ditemui di hutan sekunder dengan populasi yang cukup melimpah untuk beberapa jenis. Sebagian tarsius masuk hewan yang dilindungi, sebagiannya lagi dapat berkembang biak secara bebas.

Tarsius baru ditemukan di beberapa pulau Asia Tenggara, yang paling banyak ialah di Sulawesi, dengan 11 jenis tarsius. Dua jenis tarsius yang baru ditemukan ialah Tarsius spectrumgurskyae dan Tarsius supriatnai.

https://travel.kompas.com/read/2018/09/04/202300027/mengenal-tarsius-monyet-kecil-yang-menggemaskan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke