Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tipe Wisatawan, Anda yang Mana?

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berwisata, setiap orang punya preferensi dan cara masing -masing. Ada yang suka ke pantai, gunung, tidur di alam terbuka, atau justru di hotel mewah.

Secara tidak langsung, ada tujuh tipe wisatawan yang terbagi lewat preferensi destinasi dan cara berwisata. Kira-kira, adakah Anda di antara tujuh tipe wisatawan ini?

1. Si Petualang

Suka berkunjung ke tempat-tempat yang menantang adrenalin dan bukan tempat ramai turis. Si petualanga biasanya penuh rasa ingin tahu dan nyaman jika harus berwisata sendiri, tanpa perlu ditemani oleh banyak orang.

Destinasi yang cocok untuk tipe ini adalah Asia Tengah seperti Uzbekistan dan Kyrgyzstan, India, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara.

2. Si Penyayang Keluarga

Waktu liburan, waktunya untuk berwisata bersama keluarga. Biasanya tipe wisatawan ini merencakanan perjalanan dengan sangat detail mulai dari destinasi, fasilitas, dan makanan yang semuanya berorientasi keluarga.

Destinasi ramah keluarga dengan banyak makanan lezat cocok untuk tipe wisatawan ini contohnya Batu, Jawa Timur dan Bali.

3. Si Serba Nyaman

Harga tak apa yang penting kenyamanan. Tipe wisatawan ini bisa juga disebut wisatawan mewah. Menginap di hotel berbintang, transportasi pribadi, dan makan di restoran kelas atas.

Destinasi yang cocok adalah kota dengan banyak hotel bintang lima dan restoran bintang michelin, contohnya Paris.

3. Si Pencinta Budaya

Suka sekali mengeksplor daerah dengan budaya yang unik. Tur yang dijalani mulai dari mengunjungi perkampungan lokal, masak bersama penduduk setempat, sampai ikut pesta adat bersama warga lokal.

Tipe wisatawan ini sangat cocok mengunjungi Jepang, Iran, China, dan Uzbekistan. Tentu saja Indonesia juga jadi surga bagi Si Pecinta Budaya.

4. Si Dadakan

Spontan baru seru, bisa jadi ini moto dari wisatawan Si Dadakan. Kebiasaan memesan tiket pesawat dan hotel dengan mepet tampak dari tipe wisatawan ini.

Umumnya tidak pernah lepas dari gawai, karena berpotensi mengganti destinasi atau jadwal perjalanan. Tipe wisatawan ini cocok berkunjung ke kota yang ramai dan tak pernah tidur seperti New York atau London.

5. Si Tukang Makan

Jika pergi bersama si tukang makan, bisa dijamin rute perjalanannya berisi lebih banyak rumah makan ketimbang obyek wisata. Tipe wisatawan ini biasanya memang berlibur untuk menjajal kuliner daerah.

Mak heran, saat liburan si tukang makan akan makan lebih dari tiga kali sehari. Destinasi yang cocok untuk tipe wisatawan ini adalah Italia, di dalam negeri ada Solo dan Medan yang cocok untuk wisata kuliner.

https://travel.kompas.com/read/2018/09/18/210500127/5-tipe-wisatawan-anda-yang-mana-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke