Salin Artikel

10 Tipe Penumpang KRL Paling Menyebalkan, Adakah Anda di Antaranya?

Dilansir dari Telegraph, ada 10 tipe penumpang di Tube (kereta bawah tanah di Inggris) yang mengganggu orang lain. Uniknya tipe penumpang ini tidak jauh berbeda dengan KRL di Jabodetabek. Berikut tipe penumpang yang banyak membuat kesal orang lain di KRL:

1. Si Malas Geser

Tipe penumpang ini malas bergeser dari dekat pintu kereta. Tipe penumpang ini membuat kawasan sekitar pintu jadi padat. Alhasil menghalangi penumpang yang naik dan turun.

2. Si Barang Bawaan Heboh

Naik kereta KRL nyatanya juga ada peraturan resmi untuk membawa besaran barang. Yakni barang dengan domensi 100x40x30 sentimeter. Bisa dijinjing atau diletakkan di rak bagasi.

Aturan tambahan berlaku untuk pengguna yang membawa koper mulai dari ukuran kabin 18 inci, 19 inci, 20 inci, hingga ukuran 48x74x29 sentimeter.

Masalahnya tak jarang penumpang yang membawa barang dengan dimensi lebih besar dari itu. Jika memang merasa membawa barang dengan dimensi besar, sebisa mungkin hindari naik KRL pada jam sibuk, seperti pagi atau sore hari, serta waktu berangkat dan pulang kerja.

3. Si Tukang Sender

Saat jam padat, memang sulit untuk mendapatkan tempat duduk di KRL. Alhasil tempat bersender seperti bagian samping pintu kereta jadi tempat favorit banyak orang.

Malah terkadang saat kereta sedang padat-padatnya, ada penumpang yang bersender sepenuh hati dengan penumpang lainnya.

4. Tukang Pura-pura

Pernahkah bertemu dengan orang yang pura-pura tidur atau pura-pura tidak melihat? Ada juga yang menggunakan jurus pura-pura agar tidak perlu memberi kursi kepada orang yang membutuhkan seperti manula, perempuan hamil, atau ibu dan balita.

Anak-anak yang berlarian, berteriak, atau melompat-lompat di kursi kereta dapat mengganggu penumpang kereta lain. Awasi anak dan beri pengertian yang cukup agar mendukung suasana kondusif di kereta.

6. Tukang Makan

Peraturan di KRL sebenarnya sudah jelas, melarang penumpang untuk makan dan minum selama di kereta. Sayangnya masih banyak yang melakukan hal ini.

Selain bau makanan yang menggangu penumpang lain, ada risiko makanan tumpah dan sampah tercecer jika makan di kereta.

7. Bersin Sembarangan

Jika memang merasa badan kurang sehat, mulai bersin, batuk, dan pilek, cobalah menggunakan masker. Bersin atau batuk sembarangan dalam kondisi penumpang KRL yang padat dapat menularkan penyakit dengan mudah.

8. Si Penggerutu

Si penggerutu mudah ditemui di jalur KRL padat penumpang dengan jumlah kereta yang kurang memadai. Ketidaknyamanan sebenarnya wajar dialami ketika naik menggunakan kendaraan umum. Menggerutu, selain merusak kondisi hati sendiri, juga merusak kondisi hati orang lain.

9. Si Ajaib

Jika pernah bertemu dengan orang yang menggunting kuku, mengorek gigi, atau mencabut kumis di kereta berarti Anda menemui tipe penumpang ajaib. Sebenarnya hal-hal seperti itu lazimnya dilakukan tidak di tempat umum.

10. Si Cabul

Belajar menghormati perempuan dalam bentuk tindakan dan ucapan. Meski tidak bertindak cabul sama sekali, omongan dan tatapan yang membuat tidak nyaman perempuan juga termasuk dalam pelecehan seksual.

https://travel.kompas.com/read/2018/10/03/161400127/10-tipe-penumpang-krl-paling-menyebalkan-adakah-anda-di-antaranya-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.