Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Edukasi Anak agar Merawat Laut Ala Menteri Susi

Ia mengingatkan pentingnya edukasi anak sejak dini, mulai dari kecintaan terhadap laut dengan mengenalkan keindahan laut, mengenalkan makanan hasil laut, hingga ragam manfaat laut lainnya.

"Dengan adanya wahana edukasi di kota-kota besar ini, anak-anak jadi bisa ikut mengenal keindahan laut, apa saja yang ada di laut Indonesia, untuk mereka jaga ke depannya," tutur  Susi.

Dalam sambutannya, ia memberikan tahap-tahap edukasi untuk anak agar menumbuhkan sikap menjaga lingkungan, terutama lIngkungan laut.

"Yang harus dilakukan itu mencintai, menjaga, dan merawat. Ini yang harus ditanamkan sejak dini ke anak-anak agar bisa menjaga laut," ungkapnya.

Mencintai ialah hal yang pertama kali dipupuk, menurutnya dengan cara diperlihatkan betapa kayanya laut Indonesia. Mulai ikan-ikan cantik, terumbu karang yang indah, lezatnya olahan hasil laut, juga berbagai potensi lainnya.

"Beruntunglah anak-anak kita bisa melihat keindahan dasar laut sedari kecil, menggunakan mata telanjang. Tidak adil rasanya jika mereka dituntut melindungi tanpa bisa mengenal keindahannya dulu," tuturnya pada rekan media.

Setelah mencintai, tahap selanjutnya ialah menjaga, dengan cara anak dikenalkan cara-cara menjaga lingkungan, khususnya yang berdampak pada laut.

"Mengurangi plastik termasuk yang sangat berdampak pada lautan," kata Susi.

Terakhir menurutnya ialah melindungi, dengan mengingatkan di sekitarnya jika ada pencemaran lingkungan, atau tindakan yang merusak alam, salah satunya laut.

https://travel.kompas.com/read/2018/10/16/220000927/cara-edukasi-anak-agar-merawat-laut-ala-menteri-susi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke