Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

50 Makanan Penutup Paling Enak di Dunia, Cendol Disebut dari Singapura

Daftar tersebut lantas menjadi perdebatan di kalangan netizen Indonesia bahkan Malaysia. Masing-masing saling klaim, bahwa cendol berasaal dari negaranya masing-masing. Jadi dari mana sebenarnya cendol berasal?

"Cendol diduga kuat berasal dari Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan maraknya cendol di wilayah pedesaan tempo dulu sampai detik ini," kata Dosen Prodi Sejarah Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Heri Priyatmoko saat dihubungi KompasTravel, Selasa (3/10/2017).

Heri menyebutkan ditinjau dari bahan pembuatannya, cendol memang produk pedesaan agraris. Sebab cendol terbuat dari tepung beras.

Namun begitu, cendol yang juga dikenal dengan nama dawet ini memiliki kemungkinan menyebar di daerah Asia Tenggara karena ekologi persawahan yang mirip dengan di Indonesia.

"Budidaya padu dalam ekologi sawah Indonesia sangat mendukung lahirnya cendol. Wajar jika ia tumbuh subur di lingkungan pedesaan. Dilihat sebagai produk sejarah kebudayaan, cendol menjadi pencapaian penting manusia Indonesia di dapur karena bahan beras yang mudah disediakan tak perlu impor, bisa mandiri menyediakan sendiri," kata Heri.

Di sore hari yang panas di Singapura, penduduk setempat mendinginkan diri dengan makanan manis, dingin, dan lembut ini. Menjadi favorit di restoran tepi pantai atau gerobak di trotoar.

Es santan, diberi sirop gula aren, yang memberi sensasi rasa berasap, rasa karamel. Cairan hijau yang kaya ini terbuat dari jeli tepung beras hijau. Warna hijau terang itu dari jus pandan yang diesktrak dari daun pinus sekrup tropis.

"Versi pencuci mulut yang dingin ini dapat ditemui di berbagai tempat di Asia Tenggara, tetapi dengan tambahan satu sendok kacang merah yang dimaniskan, Singapura memberi camilan klasik ini terus menggoda," tulis CNN.

Jika ditinjau, fokus terakhir berada kepada satu sendok kacang merah manis, yang memang menjadi ciri khas dari cendol yang dijual di Singapura.

Di kalimat pembuka, penulis yang merilis artikel tersebut juga menyebutkan jika mengklaim asal makanan terbilang rumit.

"Dengan makanan, sama halnya seperti bahasa dan budaya menentukan apa yang 'asing' ternyata menjadi rumit. Tiramisu bergantung pada cokelat, kopi, dan gula yang tiba ke Italia melalui perdagangan global. Sementara makanan manis paling ikonik di Hongkong memiliki akar dari zaman penjelajahan Portugis," tulis CNN.

https://travel.kompas.com/read/2018/12/10/100700427/50-makanan-penutup-paling-enak-di-dunia-cendol-disebut-dari-singapura

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke